Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Sudah Dibuka, Ini Link Pendaftaran SBMPTN 2019

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara resmi sudah membuka pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Pendaftaran SBMPTN sudah dimulai sejak Senin, 10 Juni 2019 kemarin. Para peserta dapat mendaftar melalui laman resmi SBMPTN http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Pendaftaran ini akan dibuka hingga 24 Juni 2019 mendatang. Sedangkan pengumuman hasil SBMPTN akan keluar pada 9 Juli 2019 pukul 15.00 WIB.

SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C 2017, 2018, dan 2019.

Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id dengan cara sebagai berikut:

1. Mengisi Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).

2. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

3. Mengunggah borang portofolio, bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id

4. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

Khusus untuk pendaftar program studi bidang seni dan olahraga, peserta wajib mengunggah portofolio sebagai materi tambahan untuk proses seleksi dalam SBMPTN 2019. Jenis portofolio SBMPTN 2019 antara lain olahraga, tari, teater, musik, dan seni karawitan.

 

2 dari 3 halaman

Pilihan Program Studi

Program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosial dan Humaniora (Soshum). Para peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.

2. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.

3. Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek dan juga kelompok ujian Soshum.

4. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

5. Peserta SBMPTN 2019 dapat memilih program studi di PTN manapun.

6. Program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading