Jelang Idul Fitri, Harga Cabai Merah Merangkak Naik di Jambi

Jelang Idul Fitri, Harga Cabai Merah Merangkak Naik di Jambi

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga cabai merah merangkak naik di Pasar Angso Duo, Kota Jambi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (3/6/2019), satu kilogram cabai merah harganya mencapai Rp 50 ribu. Bahkan, harga cabai merah sempat mencapai Rp 70 ribu per kilogram kemarin. Padahal, sebelum Ramadan harga cabe merah hanya Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram.

Kenaikan harga dipicu karena kurangnya pasokan cabai merah dari Kabupaten Kerinci.

"Sudah 2 hari naik, kemarin lebih mahal lagi, memang pemasukan bahannya yang kurang," kata pedagang cabai merah Rahmawati.

Sementara itu, kenaikan harga juga terjadi pada daging dan ayam di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Sebelumnya, harga daging Rp 120 ribu per kilogram tapi kini naik di harga Rp 130 ribu per kilogramnya.

Sementara, untuk ayam potong naik menjadi Rp 35-36 ribu per kilogram dari yang sebelumnya Rp 30 ribu per kilogram. Namun, kenaikan harga ini masih dinilai wajar oleh pembeli.

Namun, pemerintah menyatakan distribusi bahan pokok berjalan lancar, karena telah didistribusikan jauh-jauh hari sebelum arus mudik dimulai.

"Semuanya aman, sebelumnya kita sudah kirim, jadi 3 tahun berturut-turut sesuai dengan perintah Presiden pengendalian harga, inflasi semuanya berjalan dengan baik," jelas Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito.

Harga bahan pokok nantinya akan kembali normal seusai Idul Fitri.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 03 June 2019, 14:34 WIB

Video Terkait

Spotlights