Sukses

Didorong Golkar Jadi Menteri Lagi, Agus Gumiwang: Itu Prerogatif Presiden

Dalam rekomendasi tersebut, nama Agus yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Sosial muncul.

Liputan6.com, Jakarta - Agus Gumiwang Kartasasmita angkat bicara soal rekomendasi Partai Golkar terkait nama kader yang cocok masuk dalam Kabinet Kerja II Jokowi.

Dalam rekomendasi tersebut, nama Agus yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Sosial muncul.

"Itu jawabannya ada dua. Tanyakan pada Dewan Pakar (Golkar) kenapa nama saya diusulkan, kedua itu prerogatif Presiden," ucapnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Agus Gumiwang tak ingin berkomentar mengenai keinginan untuk kembali duduk di kursi Kabinet Kerja. Dia menyerahkan kepada Jokowi untuk menentukan posisinya, apakah didepak dari Kabinet Kerja atau sebaliknya.

"Itu hak prerogatif Presiden," singkat dia.

Mantan anggota DPR ini menyebut, rekomendasi nama calon menteri yang beredar berasal dari Dewan Pakar Partai Golkar. Rekomendasi tersebut tidak bersifat final. Sebab, tidak tertutup kemungkinan DPP Partai Golkar akan mengusulkan nama lain.

"Jadi nanti mungkin ada Dewan Pembina (Golkar) mengusulkan yang lain, Dewan Pertimbangan (Golkar) mengusulkan yang lain. Jadi mungkin masing-masing punya forum sendiri untuk membicarakan atau seleksi atau mengidentifikasi kader-kader Golkar yang terbaik untuk dicalonkan kepada Presiden," ujarnya.

Menurut Agus Gumiwang, keputusan final rekomendasi nama menteri yang akan diserahkan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin berasal dari satu pintu, yakni Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Karena itu, Agus tak mau ambil pusing dengan rekomendasi yang beredar saat ini.

"Kalau untuk Golkar nanti yang mengusulkannya Ketum Partai Golkar," kata dia mengakhiri.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.