Sukses

Relawan Temukan 4 Ular Piton Saat Evakuasi Korban Banjir di Bogor

Liputan6.com, Bogor - Banjir yang menerjang wilayah Perumahan Cibubur, Desa Bojongkulur, Kecamatan, Gunungputri, Kabupaten Bogor membuat sejumlah ular piton bebas berkeliaran di genangan air depan rumah warga.

Tim relawan yang sedang melakukan evakuasi warga terdampak banjir pun memburu dan menangkap ular-ular pembelit tersebut yang sedang meliuk-liuk di depan rumah warga.

"Ada yang ditemukan dekat pagar rumah, ada juga di jalan yang tergenang banjir," ucap Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C), Puarman, Jumat, 26 April 2019.

Setelah melakukan perburuan lebih dari dua jam, mereka berhasil menangkap empat ekor ular sanca batik berukuran 3-4 meter itu.

Warga kemudian memasukkan ular itu ke dalam karung, setelah diarak sekitar perumahan. Penangkapan ular tersebut mengundang perhatian warga.

Puarman mengungkapkan, temuan jenis ular piton ini bukan kali pertama. Setiap wilayah tersebut terendam banjir akibat meluapnya aliran Sungai Cikeas, ular-ular itu kerap menampakkan diri.

Diduga, tak jauh dari perumahan tersebut terdapat sarang ular piton. Sebab, di daerah aliran Sungai Cikeas itu masih terdapat rawa.

"Beberapa minggu lalu, warga juga pernah menangkap jenis ular serupa. Kemudian menyerahkannya ke petugas BKSDA," kata Puarman.

2 dari 2 halaman

Ditemukan Buaya

Selain ular, juga terdapat binatang buas lainnya sepeti buaya, yang beberapa bulan lalu sempat ditangkap warga.

Pada Kamis tengah malam, sejumlah perumahan di perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Bekasi itu terendam banjir. Adapun perumahan yang masuk wilayah Kabupaten Bogor adalaj Vila Nusa Indah 3, Vila Mahkota Pesona, Perum Cibubur City. Sedangkan perumahan yang berada di wilayah Bekasi yaitu Perum Puri Nusaphala, Perum Mandosi Permai, dan Jatisari.

Banjir setinggi 40-130 meter itu membuat warga terpaksa harus mengungsi. Sebagian lainnya memilih bertahan di lantai dua rumah mereka.

Hingga Jumat sore, banjir masih menggenangi sebagian perumahan tersebut. Sebagian titik lokasi lainnya berangsur surut.

Loading
Artikel Selanjutnya
Badai Tropis Imelda Terjang Texas, 2 Orang Tewas dan Ibu Kota Banjir Parah
Artikel Selanjutnya
4-9-1978: Banjir Terparah dalam Sejarah Utara India, 15 Juta Orang Terdampak