Sukses

Gempa Banggai Terasa Sampai Palu dan Luwu, Warga Berhamburan

Warga di Kota Palu, Sulawesi Tengah sempat berhamburan ke luar rumah dan gedung karena gempa magnitudo 6,9 di Banggai Kepulauan, Sulteng.

Liputan6.com, Palu - Warga di Kota Palu, Sulawesi Tengah sempat berhamburan ke luar rumah dan gedung karena gempa magnitudo 6,9 di Banggai Kepulauan, Sulteng.

Rahmat, salah satu warga Palu mengatakan, gempa terasa sekitar pukul 19.42 WITA. "Tidak besar, tapi sempat goyang-goyang," kata Rahmat saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (12/4/2019).

Rahmat berada di lantai 1. Dia dan beberapa warga lainnya berhamburan ke luar menyelamatkan diri dari gempa. Sementara di Luwu, dari video yang beredar terlihat warga setempat berhamburan ke luar karena gempa terasa kencang dan cukup lama.

Beberapa warga telihat panik dan berlarian karena melihat air laut yang mulai surut. Klakson kendaraan bersahutan karena gempat tersebut.

Gempa dengan magnitudo 6,9 mengguncang wilayah Sulawesi Tengah. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) langsung mengeluarkan peringatan dini terjadinya tsunami.

"Peringatan dini tsunami di Sulteng," tulis BMKG dalam keterangan yang diterim Liputan6.com, Jumat (12/4/2019).

BMKG menjelaskan, peringatan dini tsunami itu dikeluarkan usai gempa dengan magnitudo 6,9 mengguncang Sulteng pada pukul 18.40 WIB. Titik koordinat gempa berada di 1,90 Lintang Selatan, 122,54 Bujur Timur.

Kedalaman gempa tercatat 10 kilometer.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.