Sukses

Rawan Longsor, Bupati Cek Endra Sediakan Alat Berat di Batang Asai

Batang Asai sendiri merupakan daerah dataran tinggi yang ada di Kabupaten Sarolangun. Banyak tebing tinggi yang rawan longsor pada musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Sarolangun Cek Endra menyiapkan sejumlah alat  yang sewaktu-waktu dapat digunakan oleh warga Batang Asai jika terjadi longsoro. Diketahui, kecamatan tersebut adalah zona rawan longsor.

"Kami sudah menaruh backhoe loader di Batang Asai, sudah digunakan. Kalau umpamanya longsor, Pak Camat tinggal perintah kan operatornya," kata Cek Endra, Sabtu (14/3/2020).

Menurut Bakal Calon Gubernur Jambi ini, ke depan Pemprov Jambi juga akan peka kepada kebutuhan masyarakat Batang Asai. Membantu bagaimana penanganan longsor tiap tahun agar cepat.

"Kantor UPT PU provinsi harus ada di Batang Asai. Jadi kalau longsor, langsung bergerak alat itu," ucap Cek Endra.

Batang Asai sendiri merupakan daerah dataran tinggi yang ada di Kabupaten Sarolangun. Banyak tebing tinggi yang rawan longsor pada musim hujan.

Aksen jalan ke sana merupakan tanggung jawab pemerintah provinsi. Oleh karena itu, Pemkab Sarolangun tidak punya kewenangan mengeksekusi jalan tersebut.

Cek Endra berkomitmen membangun jalan ke Batang Asai. Dia berharap jalan yang bagus nantinya bisa memperlancar ekonomi masyarkat. Sehingga potensi yang ada di Batang Asai bisa dimaksimalkan.

"Kita tak mau menangani longsor tiap tahun, yang penting itu jalan bagus. Seperti apa agar kita terhindar dari longsor, dibikin desain yang bagus bagaimana tidak rawan longsor. Kalau tidak tambal sulam terus, tidak seperti itu," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.