Sukses

Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau Sulit Dipadamkan, Satgas Lakukan Water Bombing

Satgas kebakaran hutan dan lahan melakukan water bombing untuk memadamkan api di sejumlah titik di Riau, Sumatera, Selasa (26/2/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Satgas kebakaran hutan dan lahan melakukan water bombing untuk memadamkan api di sejumlah titik di Riau, Sumatera, Selasa (26/2/2019). Water bombing tersebut dilakukan dengan menggunakan helikopter.

Langkah ini diambil karena kondisi cuaca yang kering. Angin juga tengah bertiup kencang sehingga api sulit dipadamkan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho lewat akun Twitter resminya.

"Pemadaman kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan oleh satgas terpadu di Riau. Kondisi kering dan angin kencang menyebabkan api sulit dipadamkan. Hujan buatan dioperasikan hari ini. Helicopter water bombing dan personel TNI ditambah untuk padamkan api karhutla," ujar Sutopo, dikutip Liputan6.com, Selasa (26/2/2019).

Selain karena faktor cuaca, menurut dia, api sulit diredam lantaran tanah hutan tersebut merupakan lahan gambut. 

"Water bombing di area lahan terbakar di luar konsesi perusahaan di Desa Bukit Kerikil Bukit Batu Bengkalis Berbatasan dengan Di Gurun Panjang-Dumai. Lahan gambut yang terbakar sulit dipadamkan," info Sutopo.

 

Reporter: Rifqi Aufal Sutisna

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.