Sukses

Gempa Magnitudo 5,9 di Malang Juga Dirasakan di Wilayah Lain

Getaran dengan MMI II sampai III juga dirasakan di Wilayah Kuta dan Nusa Dua, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,9 menggoyang wilayah Malang, Jawa Timur. Gempa yang berada di laut dan tidak berpotensi tsunami itu terjadi pada Selasa dinihari sekitar pukul 02.30 WIB.

Berdasarkan info di laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (19/2/2019), lokasi gempa berada di 159 kilometer arah Tenggara Kabupaten Malang, Jawa Timur. Titik gempa berada di laut pada keadalaman 10 kilometer.

Pusat gempa sendiri berada di 9.68 Lintang Selatan, 112.79 Bujur Timur, atau 159 km Tenggara Kabupaten Malang dengan kedalaman 10 km.

Gempa dirasakan (dalam skala MMI) di Lumajang (IV), Karangkates (III), Blitar (II), Sawahan (III), Kuta (II-III), Nusa Dua (II-III) dan Malang (III).

BMKG juga mengungkapkan beberapa wilayah terdampak gempa yang terjadi d Malang tersebut. Getaran dengan kekuatan MMI III-VI dirasakan di Kabupaten Lumajang. Sementara getaran dengan MMI III dirasakan di Karangkates, Blitar, Sawahan, dan Malang Jawa Timur.

Getaran dengan MMI II sampai III juga dirasakan di Wilayah Kuta dan Nusa Dua, Bali.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa magnitudo 6,1 mengguncang Kota Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB.

    Gempa Malang

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini