Sukses

Banjir di 2 Kecamatan Bikin Aktivitas Warga Pasuruan Lumpuh

Liputan6.com, Pasuruan - Dua kecamatan di Pasuruan, Jawa Timur, terendam banjir setinggi satu setengah meter. Aktivitas warga pun lumpuh. Banjir terparah terjadi di Kecamatan Gadingrejo dan Kecamatan Kraton.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (31/1/2018), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengevakuasi sejumlah warga yang terjebak banjir dengan menggunakan perahu karet.

Tak hanya perumahan warga, banjir juga merendam bangunan sekolah. Aktivitas belajar pun terpaksa diliburkan. Banjir diduga terjadi akibat pendangkalan sungai.

"Aktivitas warga jelas terganggu, anak-anak tidak sekolah karena sekolahnya terendam setinggi 60-70 sentimeter," kata Kepala BPBD Kota Pasuruan Yanuar.

Banjir setinggi 40 sentimeter juga merendam Tegal, Jawa Tengah. Banjir terjadi akibat buruknya drainase. Sebuah sekolah di Tegal juga terendam banjir, sehingga para siswa tidak bisa belajar.

Banyaknya daerah resapan air yang beralih fungsi menjadi kawasan perumahan, disinyalir juga menjadi salah satu penyebab banjir. Warga berharap pemerintah segera bertindak. (Rio Audhitama Sihombing)