Sukses

3 Fakta Gempa Sukabumi Goyang Jakarta Hari Ini

Gempa tersebut berada di kedalaman 10 km dan tidak menimbulkan tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi kembali menggoyang Indonesia. Kali ini, gempa magnitudo 5,4 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pukul 16.54 WIB, Selasa (8/1/2019).

"Lok 7,85 LS, 106,48 BT (113 km baratdaya Kota Sukabumi Jabar)," tulis BMKG dalam akun Twitternya.

Gempa tersebut berada di kedalaman 10 km dan tidak menimbulkan tsunami. Gempa terasa hingga Jakarta, Bandung dan Tasikmalaya.

Gempa juga sempat mengguncang wilayah lain pada Senin, 7 Januari 2019. Gempa tersebut terasa di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, kemudian Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, dan Tasikmalaya, Jawa Barat.

Berikut 3 fakta gempa yang terjadi sore ini dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bermagnitudo 5,4 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa sore ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pukul 16.54 WIB.

Meski begitu, gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

 

3 dari 4 halaman

2. Terasa Hingga Pangandaran dan Lebak

Gempa bumi dengan magnitudo 5,4 terjadi di Sukabumi, Jawa Barat pada pukul 16.54 WIB, Selasa (8/1/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa tersebut dirasakan di sejumlah daerah.

"Dirasakan (MMI) II-III Bandung, III Sukabumi, III Pelabuhan Ratu, II Pangandaran, II Lembang, II Cibareno, II Lebak," tulis BMKG di akun Twitternya.

Menurut BMKG, pusat gempa berada di laut 113 km Barat Daya Sukabumi dengan kedalaman 10 km.

BMKG menyatakan, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

 

4 dari 4 halaman

3. Bandung Terguncang

Gempa berkekuatan magnitudo 5,4 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat. Pusat gempa tersebut berada di 113 barat daya Sukabumi dan tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa terasa hingga Jakarta dan Bandung.

Warga Magdalena Meta Deviani (31), seorang pegawai di sebuah kantor di Jalan PH H Mustofa, Cikutra, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, mengatakan gempa terasa hingga 20 detik.

"Getaran lumayan kerasa sekitar 20 detik. Posisi di gedung lantai 3 jadi sangat terasa getaran dan goyangannya," kata Magdalena kepada Liputan6.com, Selasa (8/1/2019).

Menurut dia, kursi dan meja turut bergoyang saat gempa terjadi. Karyawan yang lain sempat panik, sehingga pengurus gedung mengevakuasi mereka melalui jalur evakuasi.

"Sempat panik, semua karyawan evakuasi keluar gedung," ujar Magdalena yang merupakan warga Lembang itu.

Sementara di Jakarta, seorang karyawan di daerah Menteng, Devira mengatakan goyangan gempa sangat terasa.

"Beberapa detik lah tadi," kata Devira.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.