Sukses

Mengenal Mabokuy, Ondel-Ondel Bambu dari Ciamis

Liputan6.com, Ciamis - Satu lagi karya seni masyarakat Indonesia yang lahir dari hasil kreasi warga Ciamis, Jawa Barat. Ada mabokuy atau manusia boboko dudukuy yang merupakan boneka raksasa menyerupai ondel-ondel yang terbuat dari alat rumah tangga berbahan anyaman bambu.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (5/1/2019), setiap mabokuy akan dikendalikan oleh satu pemain. Ada yang menyerupai gadis cantik, orangtua, dan kakek berjenggot lebat. Layaknya ondel-ondel, mabokuy bergoyang tak tentu arah mengikuti serunya musik khas Sunda.

Keunikan mabokuy tidak hanya menyita warga sekitar tetapi juga wisatawan asing. Mereka larut dalam tarian mabokuy bersama masyarakat sekitar. 

Pada awalnya, kreasi seni mabokuy lahir untuk mempromosikan produk unggulan peralatan rumah tangga yang ada di Desa Purwaraja. Tak disangka, mabokuy justru mendapatkan perhatian dari masyarakat luas.    

Sebagai bentuk pelestarian kearifan lokal, kesenian mabokuy didukung Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis. Bahkan saat ini mabokuy sering dimainkan di setiap acara pemerintahan atau penyambutan tamu. (Karlina Sintia Dewi)