Sukses

Bidokkes Polda Banten Identifikasi 4 Korban Tsunami

Kabiddokes Polda Banten AKBP Nariyana menjelaskan, 20 orang korban tsunami yang belum bisa diidentifikasi karena ada beberapa kendala.

Liputan6.com, Jakarta - Biddokes Polda Banten mengidentifikasi korban dampak tsunami di sekitar Pantai Selat Sunda, Banten. Total korban yang sudah teridentifikasi berjumlah empat orang, berdasarkan data hingga pukul 07.00 WIB, Selasa (25/12/2018).

Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumadi mengatakan, empat orang yang sudah ditemukan itu dari jumlah total 224 orang tewas yang ditemukan oleh tim SAR gabungan.

"Korban meninggal yang dapat kami himpun di RS Pandeglang 224 orang, data sudah teridentifikasi 204 dan yang sudah diambil keluarga 200 orang dan yang belum diambil oleh keluarga 4 orang," kata Edy saat konferensi pers di Hotel Wira Carita, Banten, Selasa (25/12/2018).

Sementara itu, Kabiddokes Polda Banten AKBP Nariyana menjelaskan, 20 orang korban tsunami yang belum bisa diidentifikasi oleh pihaknya dikarenakan ada beberapa kendala.

"Secara umum identifikasi tak ada kendala yang berat, yang 20 ini belum teridentifikasi karena yang pertama data antemortem belum ada, jadi keluarga belun lapor, kedua identitas diri tak melekat di dirinya seperti KTP, SIM dan lain-lain atau bekas luka di mana seperti tato ada di mana belum ada keluarga lapor. Terakhir sidik jari sudah rusak," Nariyana menjelaskan.

"Masyarakat yang merasa keluarganya hilang dan sampai sekarang belum ketemu, bisa segera laporkan ke kita (polisi)," sambung dia.

Nariyana menerangkan, untuk 20 jenazah korban tsunami yang masih belum teridentifikasi oleh pihaknya, disimpan di tempat penyimpanan jenazah, sambil menunggu keputusan kapan akan dilakukan penguburan massal.

"Seminggu sampai dua minggu bisa kita menyimpan jenazah di container. Tapi, kita juga tetap harus menentukan kapan akan dilakukan penguburan massal," terangnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Pencarian

Selain itu, Edy menambahkan, untuk fokus pencarian korban pada hari ini berlokasi di Sumur, Banten. Namun, pihaknya juga tetap mencari di lokasi lainnya.

"Hari ini tetep pencarian, tapi fokus kita hari ini di Sumur," ucap Edy.

Berikut empat orang nama yang sudah teridentifikasi

1. Rami (38 tahun) warga Indramayu

2. Soleman (47 tahun) warga Kampung Karang Pempek, Panimbang, Pandeglang.

3. Urmala (48 tahun) warga Singkawang

4. Anwar Suwandi Halau (53 tahun) warga Bekasi Selatan.

Berikut nomor atau kontak yang dapat dihubungi masyarakat untuk mencari anggota keluarga yang masih hilang

0878-8005-2760, 0852-1167-2708, 0852-1167-2721.

Media Sosial Bidang Humas Polda Banten

Facebook : BIDHUMAS POLDA BANTEN

Instagram : Humaspoldabanten

Twitter : @bidhumas_banten

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.