Sukses

Kini Operasi Jantung di Indonesia Tak Perlu Pembedahan

Kini, operasi jantung di Indonesia tak lagi memerlukan proses pembedahan. Sudah ada proses operasi katerisasi.

Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia menggelar pertemuan tahunan di bidang intervensi jantung di Jakarta. Saat ini operasi jantung tidak perlu lagi melakukan bedah tetapi cukup dengan proses operasi katerisasi.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (25/11/2018), Indonesian Society Of Interventional Cardiology Annual Meeting kembali digelar untuk yang ke 10 kalinya. Pertemuan ilmiah tahunan ini secara khusus mendalami ilmu intervensi jantung, bidang yang mendalami pemasangan alat dan teknik reparasi jantung.

Pertemuan ini dihadiri ratusan peserta terbaik di dalam dan luar negeri. Dalam acara diperlihatkan proses operasi katerisasi yang disiarkan langsung dari Rumah Sakit Jantung Harapan kita.    

Dengan perkembangan teknologi saat ini, penanganan masalah jantung dan pembuluh darah bisa dilakukan tanpa operasi. Berbekal dukungan tenaga medis ahli dan peralatan mumpuni, penanganan jantung di Indonesia, tidak kalah dengan negara-negara tetangga.  

Namun yang masih menjadi hambatan penanganan masalah jantung di Indonesia saat ini adalah biaya yang tinggi sehingga tidak bisa tercover asuransi maupun BPJS. Selain itu, setengah dari tenaga medis ahli juga masih terkonsentrasi di Pulau Jawa.  (Karlina Sintia Dewi)