Sukses

BMKG: 2 Pekan ke depan Waspadai Longsor dan Banjir Bandang

Fokus, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di Pulau Sumatera dan bagian selatan Jawa termasuk Jabodetabek untuk waspada. Karena akibat diguyur hujan deras, sejumlah daerah dilanda banjir. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (8/11/2018), banjir akibat luapan Sungai Citarum tadi pagi merendam lebih dari 700 rumah warga Kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Banjir dengan ketinggian 1 meter juga membuat aktivitas warga dan lalu lintas terganggu. Perahu pun terpaksa digunakan warga agar bisa beraktivitas keluar rumah.

Hujan deras pada beberapa hari terakhir juga membuat Jalur Pantura yang menghubungkan Semarang dan Demak terendam banjir. Sejumlah sepeda motor yang nekat melintas bahkan mogok. 

BMKG mencatat, hingga 2 pekan ke depan wilayah Indonesia bagian barat akan diguyur hujan dengan intensitas lebih tinggi. Masyarakat diminta mengantisipasi, khususnya menghadapi potensi bencana longsor dan banjir bandang.

Diprediksi, seluruh wilayah Indonesia akan mulai dilanda hujan secara merata pada akhir November dan memasuki puncaknya pada bulan Februari mendatang. (Muhammad Gustirha Yunas)