Sukses

Skenario KNKT Jika CVR Lion Air Tidak Ditemukan

Kepala Sub Komite Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo menyebutkan, jika CVR tetap tidak ditemukan, maka pihaknya harus menyiapkan skenario lain. Apakah itu?

Liputan6.com, Jakarta - Flight Data Recorder (FDR), salah satu komponen black box Pesawat Lion Air ditemukan di perairan Karawang.

Seminggu berlalu, kini tinggal Cockpit Voice Recorder (CVR) yang keberadaanya masih misteri. Padahal alat tersebut merupakan bukti penting untuk mengungkapkan penyebab insiden jatuhnya pesawat Lion Air, Senin, 29 Oktober lalu.

Lalu bagaimana jika CVR tetap tidak ditemukan?

Kepala Sub Komite Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo menyebutkan, jika CVR tetap tidak ditemukan, maka pihaknya harus menyiapkan skenario lain.

"Ya kalau tidak ketemu apa boleh buat. Tapi kita tetap akan mencari dan berupaya semaksimal mungkin. Karena ini sangat penting," kata Nurcahyo di kantornya, Senin (5/11/2018).

Nurcahyo menambahkan, Flight Data Recorder (FDR) dan CVR merupakan dua hal yang berbeda. Untuk itu harus ditemukan agar dapat saling melengkapi.

"Jadi kalau ketemu satu bukan berarti cukup. Tapi memang kalau bisa, dua-duanya karena akan saling mendukung," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya Gunakan FDR

Kendati demikian, jika CVR tetap tidak ditemukan, terpaksa hanya bisa menggunakan data dari FDR dan data lainnya.

"Ya mau nggak mau maka terpaksa kita akan menggunakan semua data yang ada. Apa yang ada ini akan kita maksimalkan bagaimana untuk mengetahui penyebab kecelakaan," tutup Kepala Sub Komite Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com 

 

Saksikan Video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.