Sukses

PDIP Dorong Kaum Milenial Implementasikan Semangat Sumpah Pemuda

PDIP memberi kesempatan generasi muda untuk mengenang momentum bersejarah Sumpah Pemuda yang terjadi 91 tahun yang lalu.

Liputan6.com, Jakarta - DPP PDI Perjuangan mengajak generasi pemuda dan kaum milenial untuk memperkuat Sumpah Pemuda dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Ketua DPP bidang Pemuda dan Olahraga PDIP, Sukur Nababan mengingatkan kembali tentang sumpah 'persatuan' yang dikumandangkan kalangan anak muda dalam upaya memperkuat kemerdekaan Indonesia.

"Apakah kita akan menghancurkan kesepakatan yang telah mereka bangun dengan darah dan air mata, apakah kita akan membiarkan negara ini bercerai berai, atau kita apatis tidak ingin membangun dan mengisi kehidupan berbangsa dan bernegara," ucap Sukur.

Hal itu ia sampaikan dalam diskusi Forum Pemuda 2018 dengan tema Berekspresi, Berkarya, Berkolaborasi di Jakarta, Sabtu (27/10/2018).

Ia yakin generasi muda tidak pernah berpikir demikian. Sebaliknya, generasi muda dan kalangan milenial akan semakin memperkuat komitmen kebangsaan mereka dengan cara mencintai bangsanya, menghormati keberagaman dan mencintai persatuan dan kesatuan Indonesia.

Karenanya, kata Sukur, kegiatan dialog ini bertujuan memberikan kesempatan generasi muda mengenang momentum bersejarah Sumpah Pemuda yang terjadi 91 tahun yang lalu.

Anggota DPR dari Fraksi PDIP ini menambahkan, kehadiran anak-anak muda yang berprestasi dalam forum tersebut diharapkan bisa memberi semangat mengisi kemerdekaan dengan prestasi dan komitmen kebangsaan. Hal itu senapas dengan apa yang ditorehkan para pendiri bangsa.

"Kalaupun kita tidak bisa memberikan sumbangsih bagi negara ini tapi etis jangan menambah beban negara ini untuk bercerai berai apalagi menggadaikan bangsa ini," tutur Sukur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Acara PDIP

Diskusi ini sekaligus menjadi rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan PDIP.

Hadir sebagai narasumber dalam forum tersebut antara lain mantan Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari, Bupati Trenggalek yang juga kader PDIP, Nur Arifin, Aktivis Indonesia Timur, Hanna Keraf, pendiri Qlapa.com, Benby Fajarai, Perenang, Garin Nathaniel Yus dan Pendiri Ruangguru, Belva Devara dan moderator Putra Nababan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.