Sukses

Kapal Pemuda Nusantara 2018 Dimulai, Tanamkan Cinta pada Negeri

Para peserta Kapal Pemuda Nusantara akan diterjunkan langsung dalam kegiatan membangun kembali Sulawesi Tengah yang terkena bencana alam gempa dan tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Program Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2018 resmi dimulai hari ini, Sabtu (27/10), di Surabaya, Jawa Timur. Sebanyak 99 peserta yang terdiri atas putra-putri terbaik bangsa berkumpul dalam satu wadah kegiatan yang diinisiasi setiap tahunnya oleh Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora).

"Pertama KPN 2018 ini untuk meningkatkan kapasitas pemuda di bidang kemaritiman dan memberi wawasan tentang kebaharian, sehingga pemuda-pemudi lebih cinta terhadap laut, pelestarian lingkungan hidup, dan menjadi ujung tombak," ujar Ketua Pelaksana KPN 2018, Chairil Adha.

KPN 2018, ujar Chairil, mengambil tema khusus, yaitu Bakti Cinta kepada Negeri. Karena itu, dalam kegiatan selama 20 hari ke depan nanti para peserta akan diterjunkan langsung dalam kegiatan membangun kembali Palu, Sigi, dan Donggala yang terkena bencana alam gempa dan tsunami.

Sesuai jadwal, hari ini rombongan KPN 2018 akan mengunjungi dua titik lokasi. Pertama adalah Kampung Nelayan di Kenjeran dan kedua ialah Monumen Kapal Selam di wilayah Genteng.

"Di sana mereka akan ada workshop, aktivitas kebaharian, diberi wawasan kemaritiman, sehingga lebih mengenal lagi akan Indonesia yang kaya," Chairil menandaskan.

Rencananya, sore nanti Menteri Pemuda Olahraga Imam Nachrowi akan hadir di tengah peserta KPN 2018. Menpora Imam rencananya juga mengukuhkan dan membuka secara resmi kegiatan KPN 2018 .

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.