Sukses

Beri Kuliah Umum, Menlu Retno Marsudi Minta Pemuda Rawat Persatuan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi berharap generasi muda memaknai momentum Hari Sumpah Pemuda untuk saling menghormati serta menjaga persatuan. Ia ingin Indonesia tak mengalami konflik memecah belah seperti yang terjadi di negara lain.

"Jagalah persatuan itu. Jangan hancurkan persatuan itu. Rawatlah persatuan itu, dan hormati perbedaan," kata Menlu Retno saat memberikan kuliah umum dalam rangkaian acara "Diplomacy Festival" di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat sore (26/10/2018).

Seperti dilansir Antara, di hadapan ratusan mahasiswa yang hadir, Retno menggambarkan betapa tidak nyaman hidup di tengah masyarakat yang tidak saling percaya. Hal itu, diharapkan Retno, tidak akan terjadi di Indonesia.

Bangsa Indonesia, menurut Retno, juga harus belajar dari pengalaman bangsa lain yang dilanda konflik dan perang berkepanjangan akibat ketidakpercayaan antarwarga.

"Jangan sampai terjadi di Indonesia, sudah banyak contoh kehancuran sebuah bangsa yang dimulai konflik internal. Konflik internal biasanya berangsur memburuk, setelah ada campur tangan pihak luar," tuturnya.

 

2 dari 2 halaman

Kebangkitan Persatuan

Oleh sebab itu, Retno mengajak para pemuda merayakan momentum Hari Sumpah Pemuda ke-90 yang akan jatuh pada 27-28 Oktober sebagai sebuah kebangkitan persatuan di atas kemajemukan bangsa Indonesia.

"Indonesia harus jaya dan agar jaya maka anak-anak muda memiliki peran sangat penting yang dapat membuat Indonesia jaya dan bermartabat," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini

  • Retno Marsudi kini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Kerja Joko Widodo
    Retno Marsudi kini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Kerja Joko Widodo
    Retno Marsudi
  • Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.
    Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.
    Sumpah Pemuda
Loading
Artikel Selanjutnya
Menlu Retno Kenalkan Cucunya yang Baru Lahir Bernama Manggala Astabrata Marsudi
Artikel Selanjutnya
Menlu RI-Jepang Bertemu, Penguatan Kerja Sama Sektor Strategis jadi Fokus