Sukses

Isu Ekonomi Diminta Jangan Dijadikan Komoditas Politik

Hari mengatakan, kondisi ekonomi Indonesia sekarang, lebih banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Studi Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto, mengatakan, situasi ekonomi Indonesia dewasa ini jangan disamakan dengan kondisi di tahun 1998. Menurutnya, fundamental ekonomi sekarang jauh lebih kuat.

Hal ini disampaikan saat menghadiri acara Diskusi dan Pentas Seni Stand Up Comedy bertema Nawacita Membangun Ceria ke-2. Acara tersebut diprakasai oleh Sekelompok anak muda yang menamakan Komunitas Anak Muda Pencinta Seni Jakarta Selatan.

Mereka memberikan dukungan agar terwujudnya Nawacita. Adapun, acara ini sebagai bentuk keprihatian generasi milenial, yang menilai isu ekonomi kini terus dijadikan komoditas politik untuk menyerang pemerintah.

"Fundamental ekonomi Indonesia terhitung masih kuat, karena berbagai program pembangunan pemerintah yang mendorong sektor produktif akan segera dirasakan hasilnya. Dan itu merupakan modal dasar untuk mendorong perekonomian Indonesia lebih maju di masa depan," ucap Hari, dalam keterangannya, Minggu (21/10/2018).

Menurut dia, kondisi ekonomi Indonesia sekarang, lebih banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal. Seperti perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

"Perang dagang Amerika dengan China, memang berdampak pada penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar, namun masih dapat diatasi," ungkap Hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Perlu Khawatir

Dia pun meminta, masyarakat tidak perlu merasa khawatir. Pasalnya, fundamental ekonomi yang telah dibangun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla bisa menahannya.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, karena secara fundamental perekonomian Indonesia masih kuat, untuk menghadapi berbagai tekanan tersebut," kata Hari.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Nawacita