Sukses

4 Gebrakan Anies Baswedan yang Jadi Sorotan Publik Selama 1 Tahun Menjabat

Dalam satu tahun ini, Anies Baswedan telah membuat beberapa kebijakan yang menjadi sorotan publik.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 16 Oktober 2018, genap setahun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin Ibu Kota. Meskipun belum semua program diselesaikan, Anies meyakini program yang telah dijanjikan kala Pilkada DKI 2017 akan direalisasikan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan setiap program yang telah dijanjikan tidak semuanya dapat terlaksana dalam setahun saja. Seperti halnya dalam 6 bulan, 9 bulan, ataupun 24 bulan berdasarkan jadwal eksekusi program tersebut.

"Dari awal saya katakan pembangunan itu disusun dengan jadwal teknokrasi. Bukan disusun dengan jadwal politik," ucapnya.

Karena hal itu, Anies Baswedan menyarankan agar jajarannya tetap fokus dalam merealisasikan program yang sudah direncanakan. Jadi dapat tercapai sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Meski demikian, dalam satu tahun ini Anies telah membuat beberapa kebijakan yang menjadi sorotan publik.

Berikut ini beberapa gebrakan Anies Baswedan yang pernah ramai diperbincangkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tutup Hotel Alexis

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menghentikan seluruh operasi di Hotel Alexis. Keputusan ini diambil setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencabut izin usaha mereka.

Anies mengatakan, pihaknya telah mencabut Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) milik PT Grand Ancol Paragon. Di mana PT Grand Ancol Paragon menaungi Hotel Alexis. "Tanggal 22 Maret telah dikirimkan surat pencabutan TDUP atas nama PT Grand Ancol Hotel," kata Anies.

3 dari 5 halaman

2. KJP Plus Bisa Ditarik Tunai

Anies Baswedan membuat program Kartu Jakarta Pintar (KJP) plus. Jika sebelumnya KJP tidak bisa ditarik tunai, KJP plus ala Anies memberikan kemudahan bagi penerima di mana KJP Plus bisa ditarik tunai. Tarik tunai ini hanya bisa dipergunakan untuk kursus-kursus di luar sekolah, sarapan pagi bagi siswa-siswi ataupun untuk transportasi ke sekolah.

Adapun besaran KJP Plus berdasarkan tingkatannya dan porsi penarikan tunainya sebagai berikut: Siswa SD, senilai Rp 250 ribu, dapat ditarik tunai Rp 100 ribu per bulan. Siswa SMP, senilai Rp 300 ribu, dapat ditarik tunai Rp 150 ribu per bulan. Siswa SMA, senilai Rp 420 ribu, dapat ditarik tunai Rp 200 ribu per bulan. Siswa SMK, senilai Rp 450 ribu, dapat ditarik tunai Rp 200 ribu per bulan.

4 dari 5 halaman

3. Mempercantik Wajah Jakarta

Ada penampakan yang tak biasa di sekitar Bundaran HI. Tepatnya di tengah area tanah berumput yang di kelilingi jalan raya, berdiri, berdiri karya seni bambu yang dibentuk sedemikian rupa. Seni bambu itu diberi nama Getah Genih, seni instalasi dari bambu menambah cantik wajah ibu kota.

Dia juga menata jalan di jantung Ibu Kota di Simpang Sarinah-Thamrin. Jalan protokol tersebut dilengkapi dengan jalur pedestrian lebar, zebra cross dan Yellow Box Junction (YBJ).

5 dari 5 halaman

4. Bongkar JPO HI

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membongkar jembatan penyeberangan orang (JPO) di dekat bundaran Hotel Indonesia (HI). JPO itu dinilai menghalangi pemandangan patung selamat datang.

"Sekarang dengan JPO nanti diturunkan, semua orang yang lewat dari Jalan Thamrin ke arah Sudirman akan bisa melihat patung ini juga seperti semula," kata Anies.

Kendati dibongkar, Pemprov DKI Jakarta telah membangun pelican crossing. Pelican crossing merupakan fasilitas penyeberangan yang dilengkapi dengan lampu lalu lintas. Biasanya dilengkapi dengan tombol untuk mengaktifkan lampu lalu lintas, bila tombol dipencet maka beberapa saat kemudian lampu bagi pejalan kaki diaktifkan dan menjadi hijau bagi pejalan kaki, dan merah untuk lalu lintas kendaraan.

Reporter : Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.