Sukses

Google Siap Duniakan UKM di Danau Toba Lewat Fitur Bisnisku

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi meluncurkan Street View Special Collect Danau Toba, Google juga akan membantu para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di sekitar lokasi wisata kebanggaan Sumatera Utara tersebut. Tujuannya agar usaha mereka juga ikut dikenal masyarakat luas di dunia.

Hal itu disampaikan Public Policy Senior Analyst Google Indonesia, Ryan Rahardjo saat peluncuran Google Street View Danau Toba di Hotel Niagara, Simalungun, Sumatera Utara, Selasa (25/9/2018).

"Selain menghadirkan gambar Street View Danau Toba, kami juga membantu pelaku UKM di Danau Toba untuk dapat muncul di hasil pencarian Google Search melalui program Google Bisnisku. Besar harapan kami, inisiatif yang kami lakukan tidak hanya dapat memajukan sektor pariwisata tetapi juga mendorong perkembangan UKM di Indonesia melalui platform digital," ujar Ryan.

Ryan menambahkan, pihaknya akan mengirimkan tim untuk membantu pelaku UKM di kawasan Danau Toba mempromosikan usahanya melalui fitur Google Bisnisku. Dengan begitu, masyarakat dunia tidak hanya dapat menikmati panorama Danau Toba secara virtual.

Tapi mereka juga bisa mengetahui apa saja produk yang ditawarkan di Danau Toba. "Google Bisnisku ini adalah salah satu fitur di mana UKM bisa mendaftarkan bisnisnya agar dapat mudah ditemukan. Jadi nanti wisatawan dalam dan luar negeri, apabila ingin makan enak di Danau Toba akan terlisting di Google Bisnisku," dia menerangkan.

Google menyajikan keindahan panorama Danau Toba melalui fitur Street View. Fitur tersebut memberikan pengalaman bagi penggunanya untuk menyusuri keindahan Danau Toba secara virtual.

 

2 dari 2 halaman

Apresiasi dari Menteri Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi inisiasi Google yang turut membantu mempromosikan pariwisata Indonesia di mata dunia melalui teknologi virtual. Sehingga wisatawan dan investor tak perlu ragu berkunjung dan berinvestasi di Indonesia, termasuk Danau Toba.

"Kami berharap supaya ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba yang telah ditetapkan sebagai satu dari 10 destinasi prioritas di Indonesia. Danau Toba dan sekitarnya wajib dilihat oleh semua orang dan sekarang mereka bisa menikmatinya melalui Google Street View," kata Arif.

"Kami juga sangat senang Google turut mendorong dan melatih UKM di Danau Toba untuk lebih go digital yang pada ujungnya dapat memberikan dampak positif kepada perkembangan sektor pariwisata di Danau Toba," imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Google Akan Ungkap Perangkat Baru Selain Pixel 4 pada 15 Oktober, Apa?
Artikel Selanjutnya
Google Bakal Mungkinkan Pencarian dengan Hasil Screenshot