Sukses

Sambut HUT Lalu Lintas, Polwan Beraksi di Sungai Ciliwung

Liputan6.com, Bogor - Di sela kesibukan mengatur lalu lintas, personel Satlantas Polres Bogor menyempatkan diri melakukan operasi memungut sampah di aliran Sungai Ciliwung.

Selain mengkampanyekan gerakan Ciliwung Bersih, kegiatan ini sekaligus dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas ke-63 tahun.

Operasi memungut sampah yang melibatkan puluhan pemuda dari elemen masyarakat difokuskan di sekitar Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis siang, 20 September 2018.

Tak ketinggalan sejumlah polwan pun turut andil bagian dalam kegiatan bersih-bersih Sungai Ciliwung itu. Mengenakan seragam lengkap,mereka tanpa ragu memungut sampah yang berserakan di sekitar Sungai Ciliwung.

Seperti diketahui, selama musim kemarau aliran Sungai Ciliwung dipenuhi dengan sampah rumah tangga. Sampah plastik, styrofoam, ranting pohon, botol plastik bekas minuman, pakaian hingga bekas popok bayi menyelip di sela-sela bebatuan.

Dalam hitungan menit, polisi dan masyarakat berhasil mengumpulkan sekitar 30 karung berisi sampah rumah tangga.

Sampah tersebut kemudian diangkut oleh petugas kebersihan untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir sampah di Galuga.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan, bakti sosial ini sebagai wujud kepedulian Polri untuk dalam penanganan masalah sampah terutama di aliran sungai.

"Kita tahu bahwa sampah ini efeknya bisa menyebabkan banjir saat musim hujan dan merusak ekosistem," kata Hasby.

 

 

2 dari 2 halaman

Sadarkan Masyarakat

Dia berharap kegiatan operasi pungut sampah ini dapat membuat masyarakat sadar tidak lagi membuang sampah sembarangan. Dan yang lebih penting juga kata dia, penyadaran tentang bahaya sampah bagi lingkungan merupakan hal yang harus terus disosialisasikan.

"Jika sungai dijaga dengan baik, anak cucu kita pun akan ikut menikmatinya," ujar Hasby.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Artikel Selanjutnya
5 Fakta di Balik Kabar Rencana Ahok Menikah Lagi
Artikel Selanjutnya
Pengakuan Ayah Bripda Puput soal Isu Anaknya Akan Menikah dengan Ahok