Sukses

Tommy Soeharto Duduk di Urutan Pertama Caleg Partai Berkarya Dapil Papua

Tommy Soeharto akan memperebutkan 10 kursi DPR bersama puluhan caleg lain.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto maju menjadi calon anggota legislatif dari daerah pemilihan Papua.

Berdasarkan daftar calon sementara yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), namanya bertengger di urutan pertama calon legislatif Partai Berkarya.

Papua terdiri dari satu daerah pemilihan, yang mencakup 29 kabupaten/kota. Ada 10 kursi anggota DPR yang diperebutkan di sana.

Di Papua, pada Pemilu 2014, terdapat sekitar 4 juta orang pemilih. Jumlahnya tentu akan berubah di Pemilu 2019.

Peihal alasan Tommy maju di Dapil Papua, pernah diungkapkan Sekjen Berkarya, Priyo Budi Santoso.

Ia mengungkapkan, awalnya Tommy Soeharto ditentang untuk maju sebagai caleg. Namun, setelah diskusi panjang dan berkeliling Indonesia, Tommy memutuskan turun gunung dan memilih Papua untuk memperebutkan satu kursi di Senayan.

Priyo menjelaskan, Tommy Soeharto menilai, Papua sebagai daerah yang jarang tersentuh. Selain itu, nama Suharto masih banyak dielu-elukan warga di sana.

"Sambutan dan histeria masa, si mbok-mbok luar biasa, mengingat zaman keenakan zaman Pak Harto. Ya mudah mudahan demam kerinduan pada Pak Harto dan trah Soeharto menjadi real dan dibuktikan pada 2019," jelas Priyo.

"Saya baru memahami ternyata kegandrungan tokoh Tommy Soeharto terhadap rakyat kecil dan daerah terpinggirkan di republik ini luar biasa besar," Priyo memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.