Sukses

BMKG: Ada 16 Kali Gempa Susulan di Lombok

Dwikorita mengatakan, hingga saat ini BMKG terus memantau kondisi terkini pasca gempa dan berkoordinasi dengan pihak- pihak terkait

Liputan6.com, Jakarta - Gempa 7 skala Richter menguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, ada 16 kali gempa susulan yang terjadi.

Kepala BMKG Pusat Dwikorita Karnawati di Jakarta, Minggu (5/8/2018) memaparkan, hingga pukul 19.51 WIB, telah terjadi 16 kali gempa susulan namun dengan magnitudo yang jauh lebih kecil.

Namun demikian, Ia meminta masyarakat untuk terus waspada dan tidak mendiami bangunan atau rumah yang rawan runtuh.

Dia mengatakan, hingga saat ini BMKG terus memantau kondisi terkini pasca gempa dan berkoordinasi dengan pihak- pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Terus kami pantau dari Pusat Gempa Nasional di Jakarta, termasuk potensi terus terjadinya gempa susulan," terang dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/8/2018).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan Tsunami Berakhir

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, peringatan dini tsunami yang disebabkan gempa berkekuatan 7 skala Richter (SR) di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (5/8/2018) telah berakhir.

"#Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag:7.0, tanggal: 05-Aug-18 18:46:35 WIB, dinyatakan telah berakhir#BMKG," demikian disampaikan BMKG melalui akun twitter resminya, @infoBMKG.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 7 skala Richter mengguncang Lombok pada pukul 18.46 WIB. BMKG menyebut gempa memiliki kedalaman 15 km.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • gempa lombok