Sukses

Gempa Susulan Masih Goncang Lombok Pagi Ini

Gempa bumi berkekuatan 3,3 Skala Richter mengguncang kembali Lombok pukul 04.36 Wita, Rabu (1/8/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 3,3 Skala Richter mengguncang kembali Lombok pukul 04.36 Wita, Rabu (1/8/2018). Lindu tersebut berpusat di darat, 16 kilometer tenggara Kabupaten Lombok Tengah.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir pusat gempa berada di kedalaman 11 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto mengatakan, berdasarkan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme sumbernya, gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik," kata Agus.

Guncangan gempa bumi juga dirasakan di Kecamatan Bayan di Kabupaten Lombok Utara, dan Kecamatan Belanting di Kabupaten Lombok Timur dengan skala intensitas I Skala Intensitas Gempa (SIG) BMKG, atau II Modified Mercalli Intensity (MMI).

Hingga pukul 06.30 Wita, tidak ada laporan dampak kerusakan yang timbul akibat gempa bumi tersebut.

"Kami mengimbau warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Agus seperti dilansir Antara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.