Sukses

Petugas Damkar Evakuasi Buaya 4 Meter di Cipayung Jakarta Timur

Buaya itu awalnya dipelihara warga di sebuah empang.

Liputan6.com, Jakarta - Seekor buaya dievakuasi dari empang yang berada di kawasan Perum Griya Loka Residence, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. Predator sepanjang 4,5 meter itu ditangani oleh petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur.

Kasie Ops Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman menyampaikan, pihaknya menerima permintaan evakuasi buaya hari ini sekitar pukul 13.45 WIB.

"Iya (ada buaya). Evakuasi selesai sekitar pukul 17.00 WIB," tutur Gatot saat dihubungi Liputan6.com, Senin (9/7/2018).

Menurut Gatot, buaya tersebut merupakan peliharaan salah seorang warga sejak tahun 1990. Hanya saja, pemiliknya meninggal dan hewan berdarah dingin itu menjadi tidak terawat.

"Pemilik buaya sudah meninggal dan diurus oleh anaknya. Anaknya sudah tidak berani lagi memelihara buaya, sehingga meminta kepada petugas untuk dievakuasi," jelas dia.

Petugas kemudian melakukan pengecekan lokasi dan menyedot debit air di empang tersebut. Evakuasi sendiri menggunakan jerat yang juga dibantu warga dan petugas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP).

"Pemindahan buaya dari TKP ke Museum Reptil TMII," Gatot menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.