Sukses

Menengok Lebih Dekat Kampung Ondel-Ondel di Kramat Pulo Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Spesial di HUT DKI Jakarta ke-491 ini kami ajak anda ke kampung ondel-ondel. Di sini adalah surganya para perajin ondel-ondel pembuat ikon kesenian khas betawi. Pertama kali masuk ke RW 3 Kampung Pulo, Jakarta Pusat ini anda akan disambut oleh ondel-ondel yang dijejer di pinggir jalan.

Seperti ditayangkan Liputan6SCTV, Jumat (22/6/2018), mayoritas warga disini berprofesi sebagai pengrajin ondel-ondel. Awal mula munculnya ondel-ondel di Kampung ini digagas oleh Almarhum Mamet yang mulai tahun 1980 membuat kerajinan ondel-ondel.

Selain untuk sunatan, nikahan, dan pertunjukan seni nasib ondel-ondel juga banyak yang berakhir di jalanan sebagai pengamen. Para penggiat kesenian pun berharap kesejahteraan mereka diperhatikan oleh Pemerintah DKI Jakarta dan tidak ingin kesenian betawi ini hilang.

Berbagai tantangan juga terus dihadapi oleh Jakarta mulai dari kemacetan, sampa, hingga lapangan kerja. Selamat ulang tahun Jakarta yang ke-491 tahun semoga Jakarta semakin dicintai warganya. (Ridho Insan Putra)