Sukses

Lindu 5,7 SR Goyang Papua, Tidak Berpotensi Tsunami

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan 5,7 skala Richter menggoyang wilayah Sarmi, Papua. Gempa tektonik yang terjadi pada pukul 07.57.15 WIB itu terletak pada koordinat 1.93 LS dan 138.93 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 67 Km arah barat laut Sarmi, Papua pada kedalaman 10 Km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Pasifik di New Guinea Trench di sebelah utara Jayapura," jelas Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat (15/6/2018).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu oleh penyesaran miring yang merupakan kominasi antara pergerakan mendatar dan naik (oblique-thrust).

"Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Sarmi IV MMI. Guncangan gempa sempat membuat terkejut warga dan sempat berlari ke luar rumah untuk menyelamatkan diri," ujar Daryono.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. 

"Untuk itu, kepada warga yang tinggal di pesisir pantai utara Papua diimbau agar tetap tenang," pungkas Daryono.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Artikel Selanjutnya
Sumenep Gempa, 6 Orang Terluka dan Puluhan Rumah Rusak
Artikel Selanjutnya
6 Korban Luka dan 82 Bangunan Rusak Akibat Gempa di Sumenep