Sukses

Mudik 2018, Polda Jabar Fokus Pantau Lalu Lintas Tol

Kepolisian Daerah Jawa Barat fokus pada pemantauan arus lalu lintas di tol selama mudik Lebaran 2018 berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Barat fokus pada pemantauan arus lalu lintas di tol selama mudik Lebaran 2018 berlangsung. Tol itu yakni Cipali, Cipularang serta Purbaleunyi. Terlebih, masyarakat lebih memilih melewati tol ketimbang jalur biasa pada mudik kali ini.

Direktur Lalu Lintas Kepolisian Jawa Barat Prahoro Tri Wahyono mengatakan, salah satu contoh tol yang dipantau ketat adalah Cirebon. Pemantauan dilakukan di lima rest area. Alasannya, terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang berasal dari Cikarang.

"Makanya rest area yang kita pertebal Km 57, 102, 130, 106 dan 207 di Cirebon itu. Takutnya, orang berhenti seperti yang sudah-sudah makan bahu jalan. Nanti bahu jalannya yang kita kanalisasi dengan memperkuat personel," kata Prahoro Tri Wahyono, Bandung, Minggu (10/6/2018).

Dia pun optimistis, arus mudik kali ini lancar. Sama halnya dengan pengamanan di Tol Cileunyi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimistis Lancar

Dia mengatakan, polisi pun telah menyusun rencana rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan.

Misalnya, lanjut dia, jika antrean mengular sampai rest area kilometer 147. Polisi akan dialihkan arus lalu lintas ke jalur sebelah kiri menuju kawasan Gedebage via Cijapati.

"Nantinya, seluruh kendaraan yang keluar dari jalur Gedebage akan diberlakukan rekayasa jalan menuju ke daerah yang dituju. Misalnya, untuk pemudik yang hendak ke Tasikmalaya dialihkan ke jalur selatan dan menuju Sumedang dialihkan ke jalur utara," ujar Prahoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.