Sukses

Amien Rais Siap Nyapres, Golkar Pertanyakan Dukungan Partai

Ace enggan berspekulasi terkait kemungkinan besar mantan Ketua MPR itu menjadi capres.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mempertanyakan dukungan partai politik terhadap Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menyatakan siap menjadi capres. Sebab selama ini PAN mendorong nama Ketua Umum Zulkifli Hasan dan juga terlihat dekat dengan Gerindra yang mengusung Ketumnya Prabowo Subianto.

"Kalau Pak Amien Rais mau maju, bagus saja. Yang jadi pertanyaan sejauh mana dukungan parpol memungkinkan Pak Amien untuk maju, kan bukannya PAN akan mengusung Pak Zulhas sebagai capres, Pak Prabowo sebagai capres, begitu," kata Ace ketika dihubungi, Minggu (10/6/2018).

Ace enggan berspekulasi terkait kemungkinan besar mantan Ketua MPR itu menjadi capres. Namun, pihaknya menyambut Amien dalam kompetisi sebagai bagian dari demokrasi.

"Kalau Pak Amien mau maju, silakan. Bagus bagian dari kompetisi di era demokrasi sekarang ini, kan Partai Golkar akan konsisten mendukung Pak Jokowi," kata dia.

Selain itu, Amien Rais belakangan rajin mengkritik pemerintahan Jokowi. Ace melihat kritikan itu biasa saja dan agar masyarakat yang menilainya sendiri. Sebab beroposisi seperti itu bukan modal semata untuk maju.

"Ya tidak ada masalah selagi kritikan tersebut tentu konstruktif ya kalau misal Pak Amien selama ini bicara keras kritikan keras ya biarin aja nanti masyarakat nilai, kan tidak cukup mengkritik secara keras," kata Ace.

Dalam acara buka puasa bersama di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan, Sabtu 9 Juni 2018, Amien Rais mengatakan PAN mencalonkan empat nama dari internal sebagai capres. Termasuk dirinya yang menyatakan siap kendati umur tidak lagi muda.

"Nanti PAN, kita akan mencapreskan tokoh-tokoh partai kita sendiri. Pertama Zulkifli Hasan, kedua Sutrisno Bachir, ketiga Hatta Rajasa, dan keempat Mbah Amien Rais," kata Amien.

Reporter: Ahda Bayhaqi

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.