Sukses

Arus Mudik, Polisi Akan Berlakukan Contra Flow di Tol Bila Macet Parah

Kepolisian telah merancang sejumlah skenario guna melancarkan arus mudik Lebaran 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian telah merancang sejumlah skenario guna melancarkan arus mudik Lebaran 2018. Salah satunya, menyarankan PT Jasa Marga untuk mengratiskan tol bila kemacetan mengular hingga 5 kilometer.

Kepolisian juga akan membuat contra flow di tol pada saat arus mudik jika diperlukan. Hal ini diberlakukan dengan melihat situasi lalu lintas saat itu.

"Ya segala sesuatu bisa terjadi (contra flow). Tapi itu situasional ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono kepada Merdeka.com, Jakarta, Rabu 6 Juni 2018.

Menurut dia, contra flow itu diberlakukan dengan melihat sejumlah faktor.

"Ya kalau kita buat (contra flow), tapi nanti di sebelahnya atau di ujungnya mandek bagaimana? Jadi kita sifatnya situasional ya. Misalnya macet 1 kilometer sudah parah, baru kita buat contra flow, jadi semua situasinya," Argo menjelaskan soal pengaturan lalu lintas mudik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Polisi Dikerahkan

Dalam hal ini, Argo mengaku, pihaknya menerjunkan ribuan personel guna memberikan keamanan dan kelancarannya kepada para pemudik.

"Sekitar 5.200 personel kita kerahkan untuk amankan untuk lebaran 2018 ini," pungkasnya.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.