Sukses

Setelah Gerindra dan PAN, PKS Bertemu Rizieq Shihab Bahas Koalisi Umat

Dalam pertemuan dengan Rizieq Shihab tersebut, hadir Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Al-Jufri, politikus PKS Abu Bakar Alhabsy, serta Juwaini.

Liputan6.com, Jakarta Usai Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais bertemu pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, kini giliran PKS. Pertemuan tersebut berlangsung pada Selasa, 5 Juni 2018 malam waktu Arab Saudi.

Dalam pertemuan tersebut hadir Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Al-Jufri, politikus PKS Abu Bakar Alhabsy, serta Juwaini. Ketua Persaudaraan Alumni 212, Slamet Ma'arif, menjelaskan, pertemuan tersebut membahas soal koalisi keumatan yang sebelumnya telah dibicarakan Rizieq Shihab dengan Gerindra serta PAN.

"Silaturahmi dan membicarakan persoalan bangsa dan membangun koalisi keumatan," kata Ketua Persaudaraan Alumni 212 Slamet Ma'arif ketika dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (6/6/2018).

Dalam pertemuan sebelumnya dengan Prabowo dan Amien Rais, Rizieq meminta agar Gerindra dan PAN segera berkoalisi. Sementara hari ini, Rizieq Shihab juga meminta PKS berkoalisi menjelang Pilpres 2018.

"Lebih khusus Habib Rizieq Shihab mengharap dan meminta kepada Gerindra dan PAN untuk segera merealisasikan keinginan umat untuk segera deklarasi terbuka koalisi Gerindra, PAN, PKS, PBB dalam waktu dekat, serta membuka pintu juga kepada partai lain terutama yang berbasis massa Islam," kata Slamet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkat Tinggi

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dengan pimpinan FPI, Rizieq Syihab, di Arab Saudi sebagai pembicaraan tingkat tinggi.

"Itu pembicaraan politik tingkat tinggi, apalagi di Mekah," kata JK sambil berseloroh.

Menurutnya, siapa saja boleh berdiskusi soal politik di masjid, asalkan tidak untuk berkampanye.

"Di masjid memang itu sejak dulu boleh bicara apa saja, tapi tidak boleh mengampanyekan orang. Tapi hanya pembicaraan antara dua teman ya silakan saja. Di mana saja boleh," ungkap JK.

Disinggung soal dorongan Gerindra, PKS, dan PAN untuk membentuk koalisi umat, mantan Ketua Umum Partai Golkar ini menganggap wajar.

"Bikin koalisi ya silakan saja. Ya sah-sah saja," ungkap JK.

Sebelumnya, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais berkunjung ke tempat tinggal Rizieq Shihab di Mekah, Arab Saudi. Pertemuan itu dilakukan di sela ibadah umrah bersama antara Prabowo dan Amien Rais.

Ketua Persaudaraan Alumni 212, Slamet Maarif mengatakan, dalam pertemuan yang hangat dan penuh keakraban itu, Rizieq meminta kepada Gerindra dan PAN segera berkoalisi jelang Pilpres 2019.

"Lebih khusus Habib Rizieq Shihab mengharap dan meminta kepada Gerindra dan PAN untuk segera merealisasikan keinginan umat untuk segera deklarasi terbuka koalisi Gerindra, PAN, PKS, PBB dalam waktu dekat, serta membuka pintu juga kepada partai lain terutama yang berbasis massa Islam," kata Slamet.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.