Sukses

Pos Indonesia Luncurkan Prangko Bung Karno Untuk Peringati 73 Tahun Hari Lahir Pancasila

Inilah wujud penghormatan atas jas para pahlawan yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia (Persero).

Liputan6.com, Jakarta Tepat hari ini 1 Juni 2018, kita bangsa Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila.

Mengulas kembali kala itu tanggal 1 Juni 1945, Ir Soekarno menyampaikan dalam sebuah pidato tanpa teks. Pidato tersebut merupakan penyampaian pertama kali ajaran, nilai, dan prinsip Pancasila sebagai dasar bagi Indonesia Merdeka.

Maka dari itu pidato tersebut dijadikan sebagai "Pidato Lahirnya Pancasila". Berangkat dari situlah Bangsa Indonesia menjadikan setiap tanggal 1 Juni sebagai hari memperingati lahirnya Pancasila seperti yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

PT Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memperingati 73 Tahun hari lahirnya Pancasila dengan meluncurkan Prangko Bung Karno di Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) serta Sampul Hari Pertama Peringatan 73 Tahun Lahirnya  Pancasila di Museum Filateli, Jakarta (31/5).

Peluncuran Prangko Bung Karno dan Sampul Hari Pertama tersebut disaksikan langsung oleh Presiden ke-5 yang juga puteri dari Ir Soekarno, Ibu Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri bersama dengan Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi W. Setijono.

"Zaman kita dulu romantis, apa-apa dengan tulisan dan kirim surat, tidak seperti sekarang ini yang sudah canggih, namun, dengan adanya peringatan-peringatan seperti ini harapan saya kita semua bangsa Indonesia bisa lebih menghormati Pancasila dalam bentuk apapun, seperti halnya yang dilakukan PT Pos Indonesia (Persero) ini menuangkan perjuangan para pahlawan dalam bentuk prangko," tutur Ibu Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri dalam sambutannya.

Hasil kesepakatan PT Pos Indonesia (Persero) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Prangko Bung Karno dan Sampul Hari Pertama Peringatan 73 lahirnya Pancasila ini akan dicetak sebanyak 500 dan dijadikan souvenir yang akan disebarkan dan dilakukan oleh pihak ANRI.

Selain itu, turut pula diadakan kegiatan lainnya, seperti Pameran Arsip Otentik Pidato Muhammad Yamin 5 Juni 1958, peluncuran buku "Tjamkan Pantja Sila!": Sistem Filsafat Pancasila, tulisan tangan Bung Karno "Tjamkan Pantja Sila!". Pameran digelar sejak 31 Mei 2018 sampai tanggal 4 Juni 2018 di Museum Filateli Jakarta.

Ayo, ke Museum Filateli Jakarta!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.