Sukses

PKS Dinilai Belum Ikhlas Bila Anies Dampingi Prabowo pada Pilpres 2019

Peluang Anies Baswedan jadi cawapres Prabowo tergantung kerelaan atau keikhlasan PKS.

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris, memandang, peluang Gubernur DKI Anies Baswedan menjadi calon Wakil Presiden untuk Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden 2019, tergantung dari kerelaan PKS.

Menurut dia, PKS masih mengunci dengan dihadirkan 9 kadernya menjadi cawapres bagi Prabowo.

"Peluang Anies Baswedan jadi cawapres Prabowo tergantung kerelaan atau keikhlasan PKS. Karena PKS punya 9 kader yang ditawarkan sebagai Cawapres," ucap Syamsuddin saat dikonfirmasi, Selasa (22/5/2018).

Dia pun menilai, partai yang dipimpin oleh Sohibul Iman itu sampai sekarang tak ikhlas jika Anies yang menjadi Cawapres. Karena itu, perbicangan dengan Gerindra masih berjalan alot.

"Kayaknya sampai sekarang tidak atau belum ikhlas. Makanya alot," ungkap Syamsuddin.

Dia pun mengungkapkan, Prabowo memang tak mau jika cawapresnya berasal dari PKS. Salah satu penyebabnya elektabiltas calon dari partai tersebut dinilai masih kecil.

"Prabowo kayaknya, maunya, bukan dari PKS. Karena peluang elektabiltasnya mungkin dinilai kecil. Tapi problemnya tanpa PKS, suara Gerindra enggak cukup untuk usung Prabowo," pungkasnya.

Sebelumnya, Nama Gubernur DKI Anies Baswedan, disebut-sebut paling sering dibicarakan untuk menjadi calon wakil presidennya. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Gerindra, Ferry Julianto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Sepakat

"Nama Anies Baswedan serong dibicarakan menjadi cawapres mendampingi beliau. Bahkan di lembaga-lembaga survei nama tersebut berada paling atas sebagai Cawapres," ucap Ferry.

Dia enggan menjelaskan, nama Anies juga menjadi perbincangan antara Gerindra dengan PKS. Namun, menurut Ferry, kedua pihak belum memutuskan terpilih atau tidaknya mantan Rektor Universitas Paramadina.

"Belum kok. Karena kan proses musyawarahnya masih terus dilakukan," jelas Ferry.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • PKS