Sukses

Ini Dugaan Penyebab Kecelakaan Maut Truk Bermuatan Gula di Brebes

Polisi menduga kecelakaan truk bermuatan gula di Brebes, Jawa Tengah, akibat sopir tidak dapat menahan laju truk saat jalan turunan.

Liputan6.com, Brebes - Tim Traffic Accident Analisys Polda Jawa Tengah dan Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes merilis hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut di Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah. Diduga sopir tidak dapat menahan laju truk saat melintasi jalan menurun.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (21/5/2018), polisi menggunakan alat faro dan three D scanner untuk memvisualisasikan tempat kejadian kecelakaan dalam bentuk anaimasi. Dari hasil ini akan diketahui berapa kecepatan truk saat menabrak.  

Dari hasil pemeriksaan, truk ternyata mengangkut muatan melebihi kapasitas angkut. Truk yang semestinya memiliki kapasitas angkut 20 ton, mengangkut 38,8 ton gula rafinasi.

Akibatnya, sopir truk tidak bisa mengendalikan laju truk saat menuruni turunan sepanjang 3 kilometer hingga menabrak sepeda motor, mobil, rumah warga, dan kerumunan warga. Â