Sukses

Polisi Temukan Dokumen Berisi Pesan-Pesan di Rumah Pelaku Bom Gereja

Detasemen Khusus 88 Antiteror, Inafis, Gegana, dan Polrestabes Surabaya menggeledah rumah pelaku bom gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018) malam.

Liputan6.com, Surabaya - Detasemen Khusus 88 Antiteror, Inafis, Gegana, dan Polrestabes Surabaya menggeledah rumah pelaku bom gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018) malam. Polisi menemukan sejumlah dokumen di rumah yang terletak di Jalan Wonorejo, Surabaya.

"Ada dokumen, buku, tulisan, pesan-pesan juga ditemukan. Sedang dikumpulkan," ujar Kapolrestabes Surabaya, Komisaris Besar Rudi Setiawan, di kompleks perumahan pelaku bom gereja, Surabaya, Minggu (13/5/2018).

Menurut dia, tim tengah meneliti dokumen-dokumen tersebut. Oleh karena itu, dia belum bersedia membeberkan isinya.

 

Selain itu, tim juga menemukan tiga bungkusan plastik yang masing-masing di dalamnya terdapat dua pipa di rumah pelaku bom gereja. Pipa-pipa tersebut sudah berisi TATP atau triacetone triperoxide.

TATP inilah yang menyebabkan bom di tiga gereja berkekuatan tinggi. Oleh karena itu, tim Jihandak dan Gegana kemudian meledakkan paket bom tersebut.

Tim pun menemukan styrofoam yang digunakan di bom gereja yang diledakkan di Jalan Arjun. Styrofoam ini digunakan untuk memperbesar pembakaran.

"Dan beberapa yang kita temukan ada belerang, aseton, HCL (air keras), aqua des, H2O, black powder, korek kayu," kata Rudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.