Sukses

4 Kebijakan Jokowi yang Bikin PNS Bahagia

Kebijakan Jokowi yang akan membuat PNS tersenyum lebar pada 2018. Kebijakan apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta - Walau tahun ini gaji pegawai negeri sipil PNS/ASN dipastikan tidak naik, tapi tidak perlu khawatir. Kabar gembira bagi PNS tahun ini tetap ada.

Sebab, pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi-Jusuf Kalla telah mengeluarkan kebijakan yang memanjakan para abdi negara.

Jokowi mengeluarkan empat kebijakan yang akan membuat para pegawai negeri sipil (PNS) di Tanah Air ini bahagia.

Berikut ini kebijakan Jokowi yang akan membuat PNS tersenyum lebar di tahun 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Apartemen Khusus bagi PNS

Apa manfaatnya? Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur mengatakan, pembangunan perumahan bagi aparatur sipil negara (ASN) untuk memastikan kesejahteraan abdi negara, setelah pensiun. Bangunan akan dibuat dalam bentuk vertikal atau seperti apartemen.

Lantas berapa nantinya biaya yang harus dikeluarkan para PNS?

"Kita wujudkan nanti dalam bentuk perumahan yang terjangkau oleh ASN yah. Konsepnya mudah-mudahan dalam waktu dekat baru kita launching kita targetkan tahun ini," kata Menteri PAN-RB Asman Abnur, di Jakarta, Senin, 16 April 2018, yang dikutip dari Merdeka.com, Rabu (18/4/2018).

3 dari 5 halaman

2. THR Lebih Besar

Lebih lanjut, Menteri PAN-RB Asman Abnur mengungkapkan, besaran tunjangan hari raya (THR) bagi PNS dan tunjangan kerja (tukin) akan dilakukan sebelum Lebaran. Sementara, untuk pembayaran gaji ke 13 akan dilakukan pada Juni.

Pemberian THR bagi para PNS berupa gaji pokok dan tukin disambut baik oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Askolani, memastikan pemberian tukin kini sudah diperhitungkan di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Nanti saja tunggu Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang disiapkan Menteri PANRB untuk kepastiannya. Intinya, budjet-nya diperhitungkan sesuai dengan kebijakan. Selama ini kan, itu tidak ditetapkan di APBN 2018. Tapi pelaksanaannya nunggu peraturan pemerintah (PP)," tuturnya.

4 dari 5 halaman

3. Pensiunan Dapat THR

Presiden Jokowi juga akan memberikan THR bagi para PNS yang telah pensiun.

Hal ini dipastikan langsung oleh Menteri PAN-RB Asman Abnur yang mengatakan pemberian THR nantinya akan diberikan juga untuk pegawai pensiunan.

"Bedanya tahun ini kita berikan THR untuk pensiunan, tahun lalu tidak," katanya.

Namun, besaran THR untuk PNS aktif dengan yang sudah pensiun berbeda.

"Tidak dong (tidak sama antara PNS aktif dan pensiunan PNS)," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan Askolani.

5 dari 5 halaman

4. PNS Pria Dapat Cuti Istri Melahirkan

Pemerintah melalui Peraturan Kepala (Perka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah mengatur secara rinci mengenai tata cara pemberian cuti berdasarkan jenis cuti.

Di antaranya adalah cuti alasan penting (CAP). Di mana PNS laki-laki mendapat cuti khusus untuk menemani istri yang melahirkan.

Kebijakan cuti melahirkan bagi PNS laki-laki melalui CAP diatur dalam Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 24 Tahun 2017 disebutkan bahwa lamanya cuti karena alasan penting ditentukan oleh Pejabat Yang Berwenang Memberikan Cuti paling lama 1 (satu) bulan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia.

    THR

  • THR 2018

  • Merdeka.com