Sukses

Waketum PAN: Ucapan Amien Rais Ceramah, Tak Bikin Gaduh

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) menegaskan, apa yang dikatakan politikus seniornya Amien Rais terkait 'partai Allah dan partai setan' sama sekali tidak membuat gaduh. Ucapan tersebut sekedar ceramah.

"Salah yang nanggep dong, enggak bikin gaduh kok. Orang itu ceramah agama, masa orang enggak mau sih terima ceramah agama. Berarti ada yang salah dengan orang itu," kata Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Hanafi menjelaskan, apa yang dikatakan Ketua Dewan Kehormatan PAN itu adalah hal yang lumrah untuk dikatakan dalam acara masjid. Sebab, apa yang diucapkan sang ayah, merujuk pada Alquran.

"Yang disampaikan Pak Amin itukan bagian dari ceramah keagamaan disampaikan di Masjid konteksnya juga untuk mengingatkan dan juga tausiah. Jadi itu hal yang lumrah apa lagi yang diucapkan Pak Amien itu rujukannya jelas tertulis secara jelas juga di Alquran," ujar dia.

Wakil Ketua Komisi I DPR ini mengatakan, Amien Rais tidak pernah menyebut bahwa partai Allah dan partai setan itu merupakan deretan dari partai politik. Sebab, usai acara ceramah, Amien langsung melakukan klarifikasi terkait ucapannya.

"Jadi sama sekali kami tidak menyebut partai-partai politik yang ada di Indonesia ini. dan maksudnya hisbullah partai Allah maupun hisbu syaiton itu buka partai politik. Kan juga sudah dijelaskan oleh Pak Amien waktu ditanya wartawan klarifikasi waktu acara selesaikan," ucapnya.

Dia berharap yang dikatakan Amien Rais tidak dilebih-lebihkan. "Sebaiknya jangan dipelintir bagi siapapun yang merasa tersinggung ya, alhamdulillah itu berarti masih ada iman. Dari pada tersinggung dan marah lebih baik berubah," kata Hanafi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

1 dari 2 halaman

Kaji Lapor Balik

PAN tengah mempertimbangkan melaporkan balik Kelompok Cyber Indonesia yang melaporkan Amien Rais ke Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, Kelompok Cyber Indonesia melaporkan Amien dengan tuduhan mencemarkan nama baik dan menistakan agama karena ceramahnya yang mendikotomi 'partai Allah dan partai Setan'.

"Nah itu masalah dilaporkan balik atau tidak, PAN sedang mengkaji, mengkaji bagaimana yang terbaik. Karena ini juga mencemarkan nama baik PAN juga, partai juga," kata Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 16 April 2018.

Menurutnya, konteks ceramah Amien Rais hanya tausiah politik dan tidak bermaksud menyinggung partai tertentu.

"Apa yang disampaikan Pak Amien konteksnya pascasalat Subuh di masjid, lain berstatemen tidak melalui twitter, tidak melalui medsos," ujar dia.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Artikel Selanjutnya
Facebook Akan Terus Investigasi Chambrige Analityca
Artikel Selanjutnya
Diskotek Exotic Tutup Sejak Minggu 15 April