Sukses

Uji Coba Ganjil Genap Tol Cibubur Diwarnai Aksi Protes

Menurut Kepala BPTJ Bambang Prihartono, uji coba tol ganjil genap tanpa disertai sanksi bagi pelanggar akan berlangsung selama dua pekan.

Patroli, Jakarta - Pelaksanaan uji coba ganjil genap di Gerbang Tol Cibubur II pada Senin pagi berjalan lancar. Meskipun begitu sempat ada perdebatan antara pengemudi mobil dengan petugas. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (16/4/2018), perdebatan tidak hanya sekali. Sejumlah pengemudi protes karena mengaku kesulitan menuju tempat tujuan dengan adanya kebijakan tol ganjil genap.  

"Menurut saya kebijakan ini bikin susah ya. Saya kerja di Cakung, kalau pakai angkutan umum susah karena tidak ada angkutan umum ke sana. Ini saya disuruh lewat Rambutan atau Cimanggis," ujar salah satu pengguna jalan bernama Hidayat.  

Aparat kepolisian menilai adanya perdebatan pengemudi dengan petugas wajar terjadi di hari pertama. Diharapkan dalam beberapa hari ke depan, pengguna jalan memahami kebijakan ini.  

"Masyarakat masih bingung ya menurut saya. Masih ada yang kurang jelas. Ya. mungkin karena ini masih hari pertama," kata Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin.  

Menurut Kepala BPTJ Bambang Prihartono, uji coba tol ganjil genap tanpa disertai sanksi bagi pelanggar akan berlangsung selama dua pekan.  

"Kebijakan akan diuji coba sampai akhir bulan ini. Uji coba tidak ada penegakan hukum ya. Kami hanya mengimbau dan mengalihkan arus dengan senyum manis," tambah Bambang Prihartono.

Kebijakan ganjil genap juga disertai dengan penyediaan bus premium hingga 60 unit untuk menuju ke Jakarta. Sementara itu, kantong parkir masih belum disediakan karena pemberangkatan bus dari kawasan perumahan.