Sukses

Adu Gagasan Paslon di Debat Pertama Pilkada Jatim

Fokus, Jawa Timur - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Timur menggelar debat pertama Cagub-Cawagub Jatim di Surabaya. Dua kandidat pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistiando Dardak dan pasangan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Sukarno saling beradu gagasan terkait tema kesejahteraan rakyat.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Rabu (11/4/2018), kedatangan kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di lokasi debat pertama ini disambut meriah oleh ratusan pendukungnya.

Dalam penyampaian visi dan misinya, kedua pasangan sepakat akan membentuk masyarakat Jawa Timur yang kuat. Pasangan Khofifah-Emil menekankan pentingnya peningkatan sumber daya manusia dengan meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan serta perluasan kesempatan kerja.

"Rakyat tidak akan kuat kalau sakit-sakitan," kata Cagub Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sementara Gus Ipul menegaskan, jika diberi mandat untuk memimpin Jawa Timur, dia akan melakukan perubahan berkelanjutan dengan meneruskan program-program lama yang baik dan menyusun program baru yang dinilai bermanfaat buat Jawa Timur.

"Strategi yang kita tempuh adalah menjadikan sumber daya manusia menjadi tumpuan utama," ujar Cagub Jawa Timur Gus Ipul.

Dalam sesi debat, dua kandidat pasangan saling beradu argumen dan gagasan. Khofifah dan Emil sempat mempertanyakan kinerja Gus Ipul selama menjadi wakil gubernur terutama terkait angka kemiskinan yang tinggi dan masalah kesehatan. Pasangan Gus Ipul-Puti terkesan lebih santai merespon dengan memaparkan bukti kerja.