Sukses

Jelang Panen Raya, Petani di Malang Gelar Lomba Tangkap Ikan Lele

Puluhan warga langsung turun ke kolam setelah panitia melepas tiga kuintal ikan lele di Desa Sukosari, Kecamatan Jatiroto, Lumajang.

Fokus, Jawa Timur - Menjelang panen raya padi, para petani di Desa Jatiroto, Malang, Jawa Timur, menggelar lomba menangkap ikan lele. Bahkan, lomba ini juga diikuti para pejabat kecamatan setempat sebagai ajang silaturahmi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (5/4/2018), puluhan warga langsung turun ke kolam setelah panitia melepas tiga kuintal ikan lele di Desa Sukosari, Kecamatan Jatiroto, Lumajang. Ini merupakan lomba menangkap lele yang digelar menjelang panen raya padi.

Para peserta diberi waktu lima menit untuk menengkap sebanyak mungkin lele. Peserta juga dilarang menggunakan peralatan kecuali tangan kosong. Meski sulit, sejumlah peserta berhasil menangkap beberapa kilo ikan lele. Mereka juga mengaku senang karena bisa menjadi hiburan. Peserta yang berhasil menangkap ikan terbanyak akan menjadi pemenangnya.

"Kalau bisa ini diagendakan setiap tahunnya," kata peserta Misnaji.

Selain untuk hiburan para petani, lomba lele ini juga untuk menjalin silaturahmi dan kerja sama antardinas yang menangani bidang pertanian sehingga diharapkan kerjasamanya akan semakin meningkat untuk meningkatkan hasil pertanian.

"Ajang silaturahmi ini mengundang 3 dinas yang terkait di Lumajang. Karena 3 sektor ini ada kaitannya dengan pertanian," ujar panitia Kusmanto.

Beberapa pekan lagi para petani di desa ini akan memulai panen raya. Diharapkan hasil panen akan melimpah sehingga petani mendapatkan keuntungan berlipat dari hasil pertanian.