Sukses

Kunjungi Pesantren Tahfiz, Puan Harap Santri Diberi Pelajaran Umum

Puan Maharani mengaku bahagia dan bangga berada di antara para penghafal quran yang usianya masih anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Yogyakarta. Dia menyambangi Pondok Pesantren Tahfidz Yatim de Muttaqin di Desa Denokan, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta.

Puan Maharanimengaku bahagia dan bangga berada di antara para penghafal quran yang usianya masih anak-anak. Ia berharap agar santri yang belajar di pesantren Tahfidz Yatim, selain mendapatkan pelajaran agama juga harus diberikan pelajaran umum untuk bekal di masa depan.

Menurut dia, akhlak yang baik merupakan bagian dari revolusi mental.

"Presiden Joko Widodo pernah mengatakan revolusi mental dapat diwujudkan dengan pendidikan berkualitas dan penegakan hukum tanpa pandang bulu," ujar Puan dalam keterangannya, Rabu (4/4/2018).

Saat kunjungan itu Puan Maharani berkesempatan meminta salah satu hafiz untuk melafalkan bacaan Alquran secara acak. Menko PMK juga berkesempatan memberikan bantuan berupa 40 buah mushaf Alquran dan 300 buku bacaan anak SD serta 20 sarung dan sajadah.

Saat ini, Pesantren Tahfidz Yatim de Muttaqin memiliki santri sebanyak 21 orang. Mereka berasal dari berbagai daerah. Usianya rata-rata antara 6-11 tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesantren Gratis

Pesantren yang dipimpin Ike Muttaqin ini telah berdiri sejak 2015. Lokasi ini dapat menampung santri 250-300 orang. Adapun para santri yang mondok di pesantren ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Selain itu pesantren ini telah menorehkan prestasi yang membanggakan yaitu pernah menjadi Juara 2 Nasional Tahun 2018 Hafal Alquran 30 juz atas nama Ahmad Ghozali Akbar, Juara 1 dan 3 Hafidz Indonesia 2017 yang diselenggarakan salah satu tv swasta nasional atas nama Ahmad Ghozali Akbar dan Kamil Ramadhan.

Dalam acara ini, Menko PMK didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah, Wakapolri, Komjen M Syafruddin, dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Rokhmin Damhuri.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.