Sukses

Jalur Roda Empat Terdampak Longsor di Kawasan Puncak Ditutup

Fokus, Cianjur - Bencana tanah longsor yang terjadi di kawasan Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, Rabu dini hari, 28 Maret 2018, menyebabkan akses jalur menuju kawasan Puncak, Cianjur, kembali ditutup. Penutupan jalur diberlakukan untuk kendaraan roda empat, mulai dari kawasan Gunung Mas, Bogor, dan kawasan Kota Bunga menuju Cianjur dan arah sebaliknya.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Kamis (29/3/2018), hal ini guna mengurangi kepadatan kendaraan yang melintas di lokasi longsor. Sementara kendaraan roda dua tetap bisa melintas, namun akses di sekitar lokasi longsor hanya dibuka setengah badan jalan.  Sementara untuk wisatawan yang ingin mengarah ke kawasan Puncak, dapat melalui jalur alternatif.

Untuk warga sekitar yang biasa beraktivitas menggunakan angkutan umum, kini terpaksa beralih menggunakan ojek dadakan. Ojek ini sengaja dimanfaatkan oleh warga setempat karena adanya penutupan jalan bagi kendaraan roda empat. Pasalnya warga yang menuju Bogor, cukup kesulitan jika harus melalui jalur alternatif Sukabumi dan Jonggol.

Penutupan jalur akibat amblesnya tanah sedalam 40 meter tersebut masih belum dapat ditentukan batas waktunya. Sejauh ini petugas telah memasang beton pembatas jalan dan sejumlah perbaikan.