Sukses

Perintah Kapolri ke Petugas SIM: Jangan Ada yang Minta Uang

Tito meminta kepada masyarakat untuk melaporkan bila ada petugas yang meminta Pungli.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta seluruh petugas yang melayani pembuatan surat izin mengemudi atau SIM menghindari praktik pungutan liar.

Hal itu disampaikan Tito saat meninjau Gedung Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polresta Yogyakarta bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu (11/3/2018).

"Ada yang minta uang tidak?" tanya Tito, seperti dilansir dari Antara. 

Sontak seluruh petugas di ruang pembuatan SIM itu menjawab tidak ada. "Siap, tidak ada!" kata mereka serempak.

Memasuki dua ruang berikutnya di gedung itu, Tito Karnavian kembali memastikan tidak ada satu pun petugas yang boleh memungut uang sedikit pun dari masyarakat untuk pembuatan SIM.

Dia meminta oknum aparat yang melakukan pungutan liar segera dilaporkan.

"Benar tidak ada yang meminta uang kan? Kalau ada catat dan sampaikan ke saya," kata Tito Karnavian kepada para petugas yang ada di gedung itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buat SIM Harus Cepat

Selain memastikan tidak ada pungutan, Tito juga meminta seluruh pembuatan SIM A Umum baik bagi taksi konvensional maupun online berlangsung cepat dan tidak berbelit-belit.

Seusai meninjau seluruh ruang pembuatan SIM A Umum, Kapolri bersama Menhub memberikan SIM A secara simbolik kepada warga pengemudi taksi di Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.