Sukses

Meriahkan Karnaval Cap Go Meh, Ini Pesan Menko PMK dan Ketua MPR

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pejabat negara ikut memeriahkan Karnaval Cap Go Meh di Glodok, Jakarta Barat, Minggu (4/3/2018). Mereka antara lain Menko PMK Puan Maharani, Ketua MPR Zulkifli Hasan, DPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, dan Menkominfo Rudiantara.

Dalam kesempatan itu, masing-masing pejabat diberi kesempatan mengucapkan selamat tahun baru Imlek. Mereka juga menyampaikan sambutannya.

Puan Maharani berpesan agar seluruh rakyat Indonesia tetap menjaga keutuhan NKRI, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika.

"Kita ini satu saudara, satu bangsa, satu Tanah Air, satu Indonesia, satu merah putih," ucap Puan.

Putri Presiden Megawati Soekarnoputri ini juga berpesan agar masyarakat yang ikut memeriahkan Cap Go Meh tetap menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan bersama. "Kita buktikan gotong royong, satu Indonesia," kata dia.

Sementara Zulkifli Hasan menyatakan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang berwarna-warni, beragam suku dan budaya. Meski berbeda, namun bangsa Indonesia sepakat untuk saling memahami.

"Indonesia adalah bangsa yang toleran, bukan intoleran. Yang ingin mengadu kita, mengoyak kita, mari katakan tidak. Kita lawan mereka," ujar Zulkifli.

Acara karnaval ini dibuka dengan ditandai pemukulan bedug yang dilakukan Menteri Puan, didampingi Zulkifli, Bamsoet, OSO, Rudiantara. Selanjutnya, mereka mengikuti iring-iringan pawai Cap Go Meh dengan menaiki mobil hias.

2 dari 2 halaman

Diamankan 796 Personel

Polisi menyiapkan pengamanan selama Karnaval Cap Go Meh Glodok 2018. Sebanyak 796 personel gabungan disebar ke titik-titik pengamanan.

Kepala Bagian Operasioanl Polres Metro Jakarta Barat AKBP Priyo Utomo Teguh mengatakan, Polres Jakarta Barat dibantu jajaran Polda Metro Jaya dan TNI, beserta elemen masyarakat telah menyiapkan pengamanan.

"Kemudian sesuai perintah Bapak Kapolres Jakarta Barat, kita melakukan pengaman VIP yang kita khususkan di tenda panggung keberangkatan," ucap Priyo di LTC Glodok, Jl Hayam Wuruk, Jakarta Barat, Minggu (4/3/2018).

Khusus pengamanan di panggung Cap Go Meh 2018, tim keamanan telah menyiapkan pasukan khusus dari Polres Jakarta Barat. "Kita libatkan tim pemburu preman, pengamanan di sini, ada juga Jibom, kita lakukan nanti sterilisasi, ada juga K9," kata dia.

Sementara itu, Priyo juga mengimbau masyarakat untuk mengindari jalur-jalur yang akan digunakan untuk Karnaval Cap Go Meh Glodok 2018. Rekayasa lalu lintas difokuskan di daerah Hayam Wuruk, Gajah Mada, Ketapang, mulai pukul 13.00 akibat akan adanya penutupan jalan hingga berakhirnya acara.

"Masyarakat kami imbau hindari jalur ini, Gajah Mada-Hayam Wuruk, dari arah stasiun belok ke kanan Jembatan Lima, kita putarbalikkan Monas kembali," imbau Priyo.

Loading
Artikel Selanjutnya
Keroncong Betawi Meriahkan Malam Puncak Cap Go Meh di Pasar Glodok
Artikel Selanjutnya
Alunan Musik dari Gambang Kromong Ramaikan Festival Cap Go Meh di Glodok