Sukses

4 Lokasi Wajib Jika Ingin Berburu Mural di Singapura

Pentas seni jalanan mural tetap bisa dinikmati meski gelaran Singapore Art Week telah berakhir.

Liputan6.com, Singapura - Selain pameran dan pentas seni yang digelar indoor, Singapore Art Week 2018 yang berlangsung 17 hingga 28 Januari kemarin juga menyajikan sejumlah karya seni lainnya.

Di antaranya adalah seni jalanan berupa mural. Seni corat-coret di tembok ini bisa jadi pilihan alternatif bagi mereka yang bosan tampilan karya seni yang disajikan di dalam ruangan.

Pentas seni jalanan mural tetap bisa dinikmati meski gelaran Singapore Art Week telah berakhir. Wisatawan Negeri Singa tetap menikmati beragam art street di sejumlah titik di Singapura.

Berikut empat lokasi untuk menikmati mural di Singapura yang dirangkum Liputan6.com usai mengikuti Singapore Art Week 2018:

1. Arab Street

Arab street banyak dijumpai mural dengan beragam ukuran.

Arab Road berada di kawasan Kampung Glam Singapura. Di sini kita bisa menyaksikan sejumlah mural dengan beragam ukuran sambil nongkrong di kafe dan pusat jajanan yang berjejeran di kawasan tersebut.

Sejumlah mural juga bisa dinikmati di jalan Haji Lane yang letaknya satu kawasan dengan Arab Street. Haji Lane adalah sebuah gang sempit, tapi cukup populer di kawasan ini. Mural banyak terpampang di dinding-dinding bangunan di kawasan ini.

2. Little India

Mural sapi di kawasan Little India.

Tak lengkap ke Singapura jika belum mengunjungi kawasan Little India. Di sini, selain bisa berburu segala sesuatu berbau India (makanan, suvenir, dll) juga bisa menikmati sejumlah mural epik dengan tema India.

Tepat di pintu masuk kawasan Little India dari sisi pintu MRT (Mass Rapit Transit), terpampang mural bergambar sapi dengan ukuran besar dengan warna cerah dan menarik. Tak heran mural ini kerap menjadi spot untuk berfoto bersama atau sekedar selfie.

Beragam mural lain juga bisa ditemukan di sepanjang jalan kawasan yang dikenal dengan pusat perbelanjaan Mustafa Center ini. Umumnya, mural di kawasan ini bertema tentang kehidupan dan aktivitas warga India.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bunga-Kare

3. Bunga-Kare Mural

Dua seniman Indonesia Bunga dan Kare (kiri) berpose di depan mural karya mereka.

Bunga-Kare mural merupakan mural karya dua seniman muda Indonesia, yakni Bunga Fathia dan Karinia Deagusta.

Berkolaborasi dengan seniman lokal Singapura Cino2, Bunga-Kare mengkreasi sebuah mural berupa sosok pria mengenakan blangkon dengan kamera di tangan kanan dan gasing di tangan kiri.

Kamera dipilih karena tempok tempat Bunga-Kare membuat mural adalah tembok Vintage Camera's Museum. Sedangkan blangkon dan gasing merupakan representasi budaya Indonesia.

Mural ini bisa dinikmati di kawasan Kampong Glam Singapura.

4. Gilman Barrack

Kawasan Gillman Barrack selalu ramai dengan sejumlah pentas seni.

Gillman Barrack adalah kawasan seni yang berada kawasan Alexandra. Butuh sekitar 15 hingga 20 menit dari kawasan pusat Kota Singapura.

Tempatnya yang sejuk dan banyak pepohonan, membuat Gillman Barrak cukup nyaman dijadikan tempat untuk mengeksplorasi seni.

Selain sejumlah karya seni yang ditampilkan indoor, di Gillman Barrack kita juga bisa menikmati mural seniman-seniman Singapura di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.