Sukses

Truk BBM Terbakar di Tol Cikampek, Buka Tutup Jalur Diberlakukan

Liputan6.com, Bekasi - Truk tangki BBM terbakar di KM 51 Karawang, Jawa Barat, Sabtu malam ini. Akibatnya, arus lalu-lintas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kemacetan.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengonfirmasi peristiwa yang terjadi pada Sabtu (6/1/2018) malam ini.

"Untuk menjaga keamanan pengguna jalan tol, dilakukan buka tutup jalur arah Jakarta. Untuk sementara pengguna jalan tol diimbau menggunakan jalur alternatif, yaitu keluar melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Timur dan masuk lagi ke Jalan Tol Jakarta Cikampek melalui GT Karawang," jelas dia.

Ia menambahkan, saat ini sudah ada petugas yang terjun ke lapangan untuk mengevakuasi. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa terbakarnya truk tangki BBM tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, api masih membara. Sebanyak, 2 unit mobil pemadam kebakaran tengah berusaha memadamkan api truk BBM itu.

2 dari 2 halaman

Pecah Ban

Dari informasi yang dihimpun, peristiwa ini bermula saat sopir, Arifin (33), hendak mengantarkan BBM jenis premium dari Karawang ke Bekasi, sekitar pukul 18.30 WIB, Sabtu (6/1/2018).

Namun, saat melintas di KM 51+400, atau satu kilometer dari rest area, truk bernomor polisi T 9080 E, mengalami pecah ban di bagian kanan belakang.

"Saat pecah ban, saya kemudian menepi ke bahu kiri. Saat saya periksa, tiba-tiba muncul api. Mungkin dari pelek ban, terus nyambar," kata Arifin di lokasi.

Ia lalu berinisiatif memadamkan api. Namun, api cepat membesar dan melahap seluruh truk yang tengah memuat sekitar 15 ribu liter BBM itu.

"Begitu ada api, saya coba padamkan pakai Apar (alat pemadam api ringan) yang ada di mobil. Tapi, tahunya nggak berfungsi. Saya lalu ambil ember ke kali, tapi api terus membesar," kata Arifin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading