Sukses

4 Aksi Gaul Jokowi Paling Sita Perhatian Saat Blusukan

Dalam berbagai momen blusukan, Jokowi acap tampil apa adanya. Sejumlah aksi gaul juga dilakukan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Blusukan menjadi kegiatan yang tak pernah lepas dari agenda Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Kebiasaan itu hingga kini terus dilakukan sejak ia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Dalam kunjungan ke berbagai daerah, Jokowi acap kali menunjukkan gaya yang bermasyarakat alias gaul. Sosok presiden ini memang dikenal sebagai pribadi yang sederhana. Sehingga masyarakat pun tak segan-segan mendekati Jokowi untuk sekadar bersalaman ataupun berswafoto.

Tak hanya tampil apa adanya, kadang kendaraan yang digunakan Jokowi saat blusukan kerap jauh dari kata mewah. Sebagai orang nomor 1 di Indonesia, Jokowi tentu bisa saja menggunakan fasilitas kendaraan yang penuh kenyamanan.

Selain itu, penampilan gaul gaya anak muda juga tak luput ditampilkan Jokowi saat blusukan bertemu masyarakat. Seolah tak ada jarak, masyarakat pun sangat antusias bertemu mantan Wali Kota Solo tersebut.

Dari sejumlah blusukan yang dilakukan, ada beberapa aksi gaul Jokowi yang paling menyita perhatian. Setidaknya ada 4 momen berdasar pantauan Liputan6.com. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Naik Mobil Off Road

Presiden Jokowi saat menjajal tol Becakayu. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Dalam meresmikan jalan Tol Bekasi-Cakung-Kampung Melayu (Becakayu) untuk Seksi 1B dan 1C (Cipinang- Jakasampurna), Jumat (3/11/2017), Presiden Jokowi tak mau ketinggalan menjajal tol yang sempat mangkrak 19 tahun ini. Untuk menyusuri jalan sepanjang 8,26 km itu, Jokowi tak menggunakan mobil kepresidenan, melainkan dengan mobil zaman now.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi yang menggunakan kemeja putih, akan menjajal tol dengan mengendarai mobil Land Rover, Defender Country keluaran 1989. Dari beberapa mobil Jeep dan Land Rover yang terparkir di lokasi, ada satu mobil berpelat nomor R1 1 yang dipasangkan bendera Merah Putih.

Dalam foto yang diterima dari Biro Pers Setpres, Jokowi tampak duduk di samping kiri. Jokowi yang mengenakan rompi dan helm putih itu duduk di bagian kiri sopir. Sementara kaca pintu mobil dibuka.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan Menhub Budi Karya Sumadi, Wagub Jawa Barat Deddy Mizwar dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelum meresmikan jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), Jumat (3/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Sekertaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendy, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis.

 

3 dari 5 halaman

2. Motor Trail

Aksi berikutnya ditunjukkan Presiden Jokowi saat menghadiri kegiatan Perhutanan Sosial untuk Pemerataan Ekonomi di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, Jokowi melakukan sejumlah kegiatan, salah satunya mengecek tambak udang dan bandeng.

Karena jalan menuju lokasi yang sempit, Jokowi tidak bisa menumpang mobil untuk menuju lokasi acara. Dia memilih untuk naik motor trail dan mengemudikan sendiri motor tersebut.

Presiden Joko Widodo mengendarai motor trail melintasi tambak udang di Muara Gembong, Bekasi (1/11). Jokowi menghadiri kegiatan Perhutanan Sosial untuk Pemerataan Ekonomi. (Liputan6.com/Biro Pers Kepresidenan/Agus Suparto)

Dalam akun Facebook resminya, Jokowi tampak mengenakan kemeja putih, celana jins, dengan balutan jaket rompi berwarna hitam.

Tak lupa, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengenakan helm dan alat pelindung berkendara di atas motor trail yang ditunggangginya.

"Dengan sepeda motor trail meninjau tambak-tambak udang dan ikan bandeng di Muara Gembong, Bekasi siang ini," ujar Jokowi dalam akun Facebook Presiden Joko Widodo, Rabu 1 Nopember 2017.

Warga menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo saat mengendarai motor trail di Muara Gembong, Bekasi (1/11).  Jokowi mengenakan kemeja putih, celana jeans, dengan balutan jaket rompi berwarna hitam. (Liputan6.com/Biro Pers Kepresidenan/Agus Suparto)

Dalam gambar yang diunggah, Jokowi terlihat menunggangi motor Kawasaki KLX 150 berwarna hitam. Dalam sebuah video, laju motor yang dikendarai Jokowi juga tidak terlalu cepat. Jalan yang tidak merata, sempit, dan berbatu membuat laju motor trail Jokowi tidak terlalu mulus.

Dalam beberapa foto, terlihat Jokowi mengendarai motor dengan disaksikan beberapa warga sekitar tambak.

 

4 dari 5 halaman

3. Jaket Bomber

Tak hanya dari kendaraan yang ditunggangi, Jokowi juga acap mengenakan pakaian layaknya anak gaul. Bahkan busana itu tak jarang menjadi trend fashion yang digemari masyarakat.

Jokowi yang biasanya mengenakan kemeja putih bercelana hitam, kadang juga tubuhnya dibalut dengan jaket bomber warna gelap. Hal itu dilakukan saat mengunjungi mal di Manado Sulawesi Utara.

Presiden Jokowi di sebuah mal di Manado(foto: Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi tiba di Manado, Senin sekitar pukul 20.30 WITA. Ia yang mengenakan jaket bomber langsung blusukan ke pusat perbelanjaan Mega Mall Manado, Jalan Piere Tendean Boulevard, Manado.

Antusiasme masyarakat saat menyambut Presiden Jokowi sangat tinggi. Mereka berdesakan dan berebut ingin bersalaman atau berfoto bersama. Beberapa di antaranya bahkan berteriak-teriak memanggil nama Presiden.

Jokowi mengaku kedatangannya ke Mega Mall untuk menyapa masyarakat Manado. Selain itu, Jokowi juga ingin melihat perkembangan ekonomi serta pariwisata di kota tersebut.

Presiden Jokowi di sebuah mal di Manado(foto: Biro Pers Kepresidenan)

"Saya hanya ingin mengucapkan selamat Natal kepada masyarakat Manado khususnya dan kepada umat kristiani di seluruh Indonesia, saya mengucapkan selamat hari Natal 2016," kata Jokowi, Senin (26/12/2016).

Dalam blusukannya ini, Jokowi sempat membeli beberapa makanan khas Manado, di antaranya bagea kenari. "Tadi pagi saya tanya yang enak-enak mana, yang enak bagea kenari, belum pernah saya. Saya beli karena saya belum nyoba," ujar Jokowi.

 

5 dari 5 halaman

4. Jaket Olahraga

Tak hanya jaket bomber, Jokowi juga tampil dengan jaket yang berbeda. Penampilan itu dia tunjukkan saat berkunjung ke wilayah Kalimantan pada Kamis 13 Juli 2017. Jokowi yang tetap mengenakan pakaian putih itu membalutnya dengan jaket berwarna terang dan mencolok.

Presiden Joko Widodo dengan jeket barunya dalam kunjungan di Balikpapan, Kalimantan Tengah, Kamis (13/7/2017).(Biro Pers Istana)

Dalam foto yang disampaikan dari Biro Pers Setpres, Jokowi tampak mengenakan jaket berwarna kuning terang berpadu biru tua. Kostum itu dipakai Jokowi saaat meninjau proyek jalan tol pertama di Kalimantan.

Presiden Jokowi meninjau pembangunan perumahan hasil program sejuta rumah di Balikpapan, Kalimantan Timur. (Liputan6.com/Ahmad Romadoni)

Jaket itu dibeli Jokowi saat berkunjung ke salah satu mal di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu 12 Juli 2017. Saat berkeliling, Jokowi sempat mengunjungi beberapa toko. Dia pun kepincut dengan kemeja dan jaket olahraga kuning dan biru hingga membelinya. Jaket itu pun langsung dipakainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.