Sukses


Aktivis Press Kampus Moestopo Adakan Visit Media di MPR

Untuk memambah pengetahuan dan ilmu mengenai media, puluhan aktivis press kampus Universitas Moestopo, Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Untuk memambah pengetahuan dan ilmu mengenai media, puluhan aktivis press kampus Universitas Moestopo, Jakarta, mengadakan visit media kepada Biro Humas Setjen MPR. Kedatangan mereka disambut oleh Kabiro Humas Siti Fauziah dan Kabag Pemberitaan dan Hulembaga Rharas Esthining Palupi di Ruang GBHN Lt. III, Gedung Nusantara V, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, 3 Oktober 2017.

Dikatakan oleh ketua delegasi, Rangga Dipayaksa, kehadiran mereka ke MPR selain untuk berdiskusi mengenai Empat Pilar juga ingin mengetahui proses pemberitaan yang dikelola oleh MPR.

Menanggapi keinginan tersebut, Siti Fauziah mengatakan dirinya merasa senang atas kehadiran aktivis press kampus Universitas Moestopo. Mereka ada yang dari fakultas ilmu komunikasi, ada pula yang dari fakultas ilmu sosial dan politik. Kehadiran mereka diharapkan oleh Siti Fauziah bisa memberi manfaat untuk menunjang kuliahnya. Dikatakan, MPR melakukan Sosialisasi Empat Pilar dengan beragam metode. Sosialisasi itu diberikan mulai dari mulai anak-anak hingga mahasiswa hingga semua elemen masyarakat. Disebut metode sosialisasi itu bisa lewat outbond, seni budaya, lomba mewarnai pada anak sekolah, lomba cerdas cermat, dan lain sebagainya. “Blogger pun juga kami ajak mensosialisasikan Empat Pilar,” ujarnya.

Sebelum menjelaskan mengenai media yang dikelola oleh MPR, Rharas Esthining Palupi lebih dahulu menjelaskan tentang MPR mulai dari sejarah pembangunan gedung, tugas dan wewenangnya hingga melakukan sosialisasi. Dalam pertemuan tersebut, alumni Universitas Diponegoro tersebut memaparkan secara panjang lebar proses penerbitan Majalah dan Koran Majelis. Dijelaskan rubrik-rubrik yang ada di kedua media cetak tersebut.

Dikatakan, sebelum naik cetak, redaksi melakukan perencanaan tema apa yang akan diangkat. Masing-masing wartawan disebut mempunyai tanggung jawab sesuai rubrik yang dipegang.

Dalam seksi tanya jawab, beberapa pertanyaan dari aktivis press kampus itu dijawab dengan tuntas oleh Siti Fauziah dan Rharas Esthining Palupi. Rharas Esthining Palupi mempersilahkan dalam visit media itu, para aktivis press mahasiswa mengunjungi ruang kerja redaksi Majalah dan Koran Majelis.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini