Sukses

Maju Pilgub Jabar, Ridwan Kamil Akan Galang Dana Kampanye Online

Menurut Eml, mahalnya dana kampanye membuat banyak para kepala daerah yang ingin memainkan APBD di akhir masa jabatan.

Liputan6.com, Majalengka - Bakal calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil mengungkapkan, pihaknya akan menggalang dana kampanye secara online untuk keikutsertaannya dalam Pilkada Jabar 2018.

"Salah satu gagasan adalah penggalangan dana namanya crowdfunding ya. Kalau crowdfunding ini pembiayaan dari warga," kata Emil di Majalengka, Sabtu, 9 September 2017.

Emil mengatakan mengingat besarnya biaya kampanye pilkada, untuk itu pihaknya berinisiatif menggalang dana crowdfunding kampanye pilkada secara daring.

Penggalangan dana ini akan dilakukan secara transparan dan bisa dipantau secara daring, serta penggalangan dana ini akan dikelola oleh lembaga resmi.

"Contoh di Jawa Barat ada tujuh puluhan ribu TPS kalau satu TPS dua saksi, berarti sudah 140.000 kali 100.000 sudah 14 miliar kan kira-kira hanya buat saksi, belum yang lainnya," tutur Ridwan Kamil dikutip dari Antara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agar Tak Terjerat Hukum

Ridwan Kamil menambahkan dengan adanya biaya yang tinggi itu, maka pihaknya membuat penggalangan dana melalui daring, agar tidak terjerat kasus hukum, ketika harus mendanai Pilkada dengan hasil yang tidak baik.

"Saya sudah merenungi salah satu komponen paling mengkhawatirkan adalah masalah penggalangan dana kampanye, karena tidak ada sebuah mekanisme yang baik dan terukur," tutur Emil.

Menurut Eml, mahalnya dana kampanye membuat banyak para kepala daerah yang ingin memainkan APBD di akhir masa jabatan.

"Dan ini menyebabkan sebanyak 12 kepala dearah yang kena OTT," kata bakal calon yang telah diusung Nasdem tersebut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.